Mahasiswa UT Tuban Demo Pengelola, Promosi Dinilai tak Sesuai dengan Kenyataan

Mahasiswa UT Tuban Demo Pengelola, Promosi Dinilai tak Sesuai dengan Kenyataan Aksi mahasiswa saat unjuk rasa. foto: suwandi/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Negeri di Tuban siang tadi (14/1) mendemo pengelola Kelompok Belajar (pokjar) Pusat Belajar dan Informasi (PBI) Tuban selaku pemegang UT.

Dalam aksinya, mereka menuding pihak kampus telah memainkan pembayaran perkuliahan. Para mahasiswa menganggap biaya kuliah terlalu mahal. Pihak kampus juga dianggap telah menaikkan biaya kuliah sehingga harganya tidak sama seperti yang tercantum pada pengumuman saat promosi.

Dalam aksinya, Mahasiswa UT Tingkat II, Sulaiman membeberkan, janji pengelola kepada mahasiswa pada awal masuk kuliah biaya pada semester satu sebesar Rp 2.805.000 per mahasiswa. Semester dua mahasiswa hanya membayar Rp 1.750.000 per mahasiswa dan membayar registrasi sebesar Rp 55.000.

Akan tetapi, pengelola mengenakan biaya kepada mahasiswa pada semester dua sebesar Rp 2.505.000 per mahasiswa. Sehingga, pada semester kedua ada selisih pembayaran sebesar Rp 755.000 per mahasiswa.

“Dari rincian itu kami nilai perkuliahan di UT sangat mahal, padahal satu semester hanya kuliah selama tiga bulan, tapi biayanya kok mahal seperti biaya di UNAIR,” jelasnya.

(Baca juga: Didemo, Ketua Yayasan UT malah Tuding Mahasiswa belum Paham Pembelajaran)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO