Kamis, 18 April 2019 22:21

Menteri Rini Ancam Demo Petani Tebu, Jika 2019 RI tak Swasembada Gula

Jumat, 23 Oktober 2015 21:07 WIB
Menteri Rini Ancam Demo Petani Tebu, Jika 2019 RI tak Swasembada Gula
Menteri BUMN Rini Soemarno. Foto: metrotvnews

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno melakukan kunjungan kerja ke Situbondo Jawa Timur. Menteri Rini mengunjungi Pabrik Gula Asembagus dan meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ibrahimy jurusan pergulaan di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo. Pada sore harinya ia menjadi narasumber acara Gabungan Asosiasi Petani dan Perkebunan Indonesia (GAPPERINDO) di Hotel Utami Surabaya, Kamis (22/11/2015).

Menteri Rini naik helikopter bersama rombongan, antara lain, Dirut PTPN XI, Dolly P. Pulungan, Ketua Umum Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) HM Arum Sabil dan sebagainya. Saat sampai di PG Asembagus Menteri Rini disambut oleh ribuan petani tebu dari berbagai daerah Jawa Timur.

Menteri Rini dianggap sangat familiar di kalangan petani tebu. Saat Rini menjadi menteri perdagangan, petani tebu merasa sangat terbantu dengan kebijakan menteri perdagangan untuk mengurangi impor gula.

Perhatian Rini Soemarno kepada petani tidak hanya saat menjadi menteri. Waktu Susilo Bambang Yudhoyono menjabat presiden, Rini tidak masuk dalam kabinet. Tapi Rini terus membina, membimbing dan mengarahkanpara petani untuk terus bangkit, kreatif dan maju lewat wadah GAPPERINDO.

Usai meninjau kondisi pabrik, Menteri Rini mengikuti acara silaturahim dengan para petani tebu. Acara dimulai sambutan selamat datang dan laporan dari Dirut PTPN XIBapak Dolly P. Pulungan. Lalu dilanjutkan Ketua Umum APTRI, HM. Arum Sabil. Menurut Arum, kita harus bersyukur punya Ibu Rini Soemarno yang dari dulu sejak menjadi Menteri Perdagangan menampung dan memperjuangkan aspirasi para petani tebu. ”Dari itu para petani semakin semangat, dan terbukti sudah dapat meningkatkan hasil rendemen tebu dari 6 menjadi 8 hingga 10,” katanya.

Arum juga berpesan supaya swasembada gula terwujud maka pemerintah harus menghentikan impor gula, merevitalisasi mesin pabrik, jangan mempersulit para petani soal pupuk. Arum juga memohon kepada pihak polisi jangan menangkap petani tebu yang kebetulan memakai pupuk bersubsidi.

Sementara Menteri Rini berharap rendemennya 10 dan per hektar bisa menghasilkan 100 ton, sehingga pada tahun 2019 di Indonesia bisa melakukan swasembada gula. Ia berharap kebutuhan gula sudah dicukupi oleh para petani tebu sehingga Indonesia tidak perlu impor gula. ”Kalau tahun 2019 swasembada gula tidak terwujud saya yang akan demo kalian”, kata Menteri Rini.

Menteri Rini juga berjanji akan memfasilitasi petani tebu agar bisa mendapatkan pupuk bersubsidi dan pembiayaan dari perbankan tanpa dibatasi. ”Oleh karena itu saya akan berkoordinasi dengan regulator yaitu kementerian pertanian dan perbankan,” janjinya.

Menteri Rini mengaku sudah menganggarkan bersama DPR untuk revitalisasi mesin pabrik gula di bebarapa PG. Karena itu ia memohon doa para alim ulama agar semua rencana ini berjalan lancar dan tanaman tebu menghasilkan rizqi yang barakah, ”Saya lihat hasil giling di PG Asembagus ini putih, bagus dan cocok untuk pabrik makan dan minuman,” kata Menteri Rini yang disambut amin oleh para hadirin.

Serangkaian acara itu ditutup doa yang dipimpin oleh KH. Misbahus Salam. (penulis HM. Misbahus Salam, HUMAS APTRI dan Ketua Pusat Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah Syafi’iyyah Sukorejo Situbondo (IKSASS))

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...