Usai Ngancar, Haryanti kembali Blusukan Tampung Aspirasi Warga di Kecamatan Tarokan

Usai Ngancar, Haryanti kembali Blusukan Tampung Aspirasi Warga di Kecamatan Tarokan Haryanti saat menyapa warga di wilayah Desa Jati Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri dan juga melihat pengrajin wayang kardus. foto: arif kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Masih dalam rangka menampung aspirasi warga, khususnya kalangan menengah ke bawah, Calon Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno langsung terjun ke masyarakat. Usai menampung aspirasi para petani di Ngancar, kini giliran Haryanti tampung aspirasi warga yang berada di wilayah Kecamatan Tarokan, Senin (21/9). (Baca juga: Tampung Keluhan Petani, Haryanti Pilih Terjun Langsung)

Pantauan di lapangan, sejak pukul 08.30 Hj. Haryanti sudah blusukan ke Desa Kerep Kecamatan Tarokan. Di sana, mantan bupati Kediri tersebut menyapa Kelompok Tani Sido Rukun yang sudah berkumpul untuk menyambut calon bupati Kediri tersebut. ”Assalumualaikum,” sapa Hj.Haryanti sambil berjabat tangan dengan sejumlah kelompok tani.

Petani yang mengetahui kedatangan calon Bupati tersebut pun langsung menyambut kedatangan Hj.Haryanti. Dengan suasana kekeluargaan para petani langsung menuangkan aspirasinya.

”Bu Hj. Haryanti, perkenalkan nama sama Musotip. Saya sudah menjadi petani puluhan tahun. Dan kendala yang dialami petani di sini di antaranya masalah pupuk. Di sini petani ditekan untuk membeli pupuk,“ keluhnya.

Mendapat keluhan tersebut, Hj.Haryanti langsung tanggap dan mencoba untuk memberikan solusi. Pihaknya mengatakan akan segera menyelidiki apa motif di balik diwajibkannya petani membeli pupuk tersebut. ”Nanti kalau saya terpilih mari kita bekerja sama untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” jelas Hj.Haryanti.

Selain itu, warga Desa Kerep juga mengeluhkan terhadap normalisasi sungai setempat. Pasalnya sungai di desa setempat mengalami kebanjiran bila datang hujan. Sedangkan saat musim kemarau warga juga kesulitan air. ”Tolong bu Hj.Haryanti permasalahan tersebut bisa diatasi,” ujar salah satu petani yang mengacungkan jarinya untuk memberikan masukan dan saran.

Setelah menyapa petani, Haryanti juga sempat mampir ke warung yang ada di area pesawahan tersebut. Kontan saja pemilik warung langsung senang dan mengajak foto bareng. ”Terimakasih bu dokter sudah sudi mampir ke warung saya,” kata pemilik warung.

Usai dari warung, Haryanti langsung berkunjung ke Desa Jati Kecamatan Tarokan. Di sana, istri yang juga mantan Bupati Kediri ini berkunjung ke pengrajin wayang kardus. Saat mengunjungi pengrajin wayang kardus ini, Haryanti menilai jika Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu disupport. Baik dalam pemasaran maupun permodalan. ”Apalagi saat ini sudah dekat, untuk menghadapi MEA, UMKM harus benar-banar kreatif,” jelasnya.

Tidak berhenti di situ, Haryanti juga berkunjung ke kelompok UMKM Zeinza, di Desa Kedungsari Kecamatan Tarokan. Di sana Hj.Haryanti dengan penuh sabar menerima masukan kendala apa saja yang dialami keluhan dari pengusaha UMKM. Bahkan Hj.Haryanti juga berkunjung ke pengrajin gerabah desa setempat.

Terakhir, calon Bupati nomor urut satu tersebut berkunjung ke Desa Bulusari. Tepatnya di Dusun Sawur Kecamatan Tarokan. Di sana Haryanti langsung bertatap muka dengan kelompok kehidupan berkelanjutan. Rata-rata ibu-ibu di sana mengusulkan agar kelompoknya diberi bantuan. ”Di sini yang langka bengkel sepeda motor, tolong kalau bisa warga kami diberi pelatihan dan juga dimodali,” ujar salah satu ibu yang mengusulkan. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO