BKKBN-Bawaslu Jatim Sinergi Edukasi Keluarga Ciptakan Pemilu Berkualitas

BKKBN-Bawaslu Jatim Sinergi Edukasi Keluarga Ciptakan Pemilu Berkualitas Penandatanganan kerja sama antara Bawaslu Jatim dengan BKKBN Perwakilan Jawa Timur. Foto: M. DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keluarga adalah organisasi terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami sebagai kepala keluarga, istri dan anak. Peran keluarga sangat besar dalam edukasi dan sosialisasi program pemerintah.

Mengacu pada pentingnya peran keluarga tersebut, menggandeng Perwakilan Jawa Timur. Kedua lembaga ini sepakat bekerja sama untuk menciptakan yang berkualitas mulai dari lingkup keluarga.

"Keluarga punya peran penting dalam kehidupan bernegara. Bahkan keluarga madrasah pertama bagi anak. Karena itu, kita meningkatkan kualitas demokrasi di mulai dari keluarga," kata Ketua Jatim, Muhammad Warits, Senin (11/12/2023).

Ia melanjutkan, bicara tentang keluarga maka Jatim harus menggandeng sebagai institusi negara yang mengurusi kependudukan dan keluarga berencana. Apalagi, memiliki sumber daya manusia hingga ke pelosok daerah.

Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2023 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini berharap, para penyuluh keluarga yang dimiliki juga ikut mensosialisasikan program pemilu 2024. Karena itu, menjalin perjanjian kerja sama dengan .

"Kita juga sekaligus mengedukasi serta mengingatkan ASN yang ada di agar menjaga netralitas," ujar mantan Ketua KPU Sumenep ini.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Jatim, Maria Ernawati mengatakan, pihaknya memiliki komitmen yang sama dengan Jatim untuk meningkatkan kualitas demokrasi lewat pemilu 2024. Karena itu kedua lembaga tersebut sepakat menandatangani MoU.

Menurut dia, para penyuluh juga ikut mensosialisasikan pemilu, sekaligus memberi edukasi tentang pentingnya pemilu. Harapannya, selain menekan angka golput juga membangun kesadaran masyarakat tentang pemilu sebagai proses demokrasi.

" juga punya Panwas yang tersebar hingga ke bawah, nantinya juga bisa ikut mengedukasi mensosialisasikan program , termasuk program keluarga berencana," tutur Erna. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO