Wakil Bupati Gresik Pimpin Pelatihan Penguatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Wakil Bupati Gresik Pimpin Pelatihan Penguatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah (tengah), saat memimpin pelatihan penguatan kapasitas daerah dalam penghapusan kemiskinan ekstrem. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pelatihan penguatan kapasitas daerah dalam penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten tahun 2023 digelar. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati , Aminatun Habibah atau yang akrab disapa .

"Pelatihan ini bertujuan untuk saling berkoordinasi dan bekerja sama dalam menuntaskan kemiskinan di ," ujarnya.

"Kemiskinan ini harus kita tanggulangi bersama-sama. Bappeda dan dinas sosial saja tidak cukup, harus di-support oleh seluruh OPD di Kabupaten . Karena masalahnya macam-macam," imbuhnya.

Ia menyebutkan, ada beberapa hal yang mempengaruhi kemiskinan di Kabupaten . Antara lain, stunting, kesehatan, dan lingkungan yang kurang bersih.

"Tiga hal inilah yang menyebabkan kemiskinan dan pertumbuhan sumber daya manusia (SDM) di menjadi terhambat," katanya.

Saat ini, lanjut , Pemkab telah menurunkan angka kemiskinan hingga 10,96 persen. Angka kemiskinan ekstrem hingga 2,74 persen atau dengan jumlah total 37.120 jiwa, dan merupakan capaian yang terbaik sejak 10 tahun terakhir.

"Makanya, kita harus tetap optimis dan selalu kita gelorakan. Insyaallah kita bisa turunkan angka tersebut hingga 0 persen," tuturnya.

Pelatihan kali ini, mengundang beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya. Antara lain, Local Planning And Budgeting TNP2K, Siti Alifah Farhana, JFP Madya Koordinator Bidang Data dan Analisis Kemiskinan Bappenas, Widaryatmo, dan Perencana Ahli Pertama Bappeda Provinsi Jawa Timur, Mukhamad Nasikin.

Peserta pelatihan berjumlah 70 orang. Mereka dari perwakilan perangkat daerah, camat se Kabupaten , dan lembaga Filantropi . (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO