Rabu, 21 Agustus 2019 06:28

Karyawan Tuntut Status Pailit PT SAID Dibatalkan

Kamis, 10 April 2014 21:49 WIB
Editor: rosihan c anwar
Wartawan: nisa alseena kapoor
Karyawan Tuntut Status Pailit PT SAID Dibatalkan
Karyawan menggelar aksi tangan tangan di spanduk. Foto:nisa alseena kapoor/BANGSAONLINE

SURABAYA (bangsaonline) - Status pailit PT Surya Agung Industri Pulp and Paper (SAIP) kian menyudutkan ribuan karyawan yang kini statusnya menggantung. Sebanyak 1.100 karyawan SAIP kini menuntut agar status pailit perusahaan bisa dibatalkan.

"Lebih dari setahun setelah perusahaan dinyatakan pailit, nasib kami tidak ada kejelasan. Dari 1.100 karyawan tidak digaji, kami punya anak istri yang butuh nafkah dan kami ingin bekerja kembali seperti sebelumnya. Jangan sampai persoalan pailit ini menambah angka pengangguran," kata wakil Serikat Pekerja SAIP, Muhamad Saiful, Kamis (10/4/2014).

Ia pun mengancam akan mengerahkan para pekerja untuk melakukan aksi unjuk rasa jika tuntutannya tak dipenuhi. Saat dilakukan sidang terkait kepailitan SAIP di Pengadilan Negeri Surabaya Selasa (8/4) lalu, pihaknya telah mengerahkan ratusan pekerja untuk memantau proses jalannya sidang.

Tak hanya mengancam menggelar aksi di PN Surabaya, pihaknya juga bakal melakukan demo menutup akses jalan di wilayah perusahaan tepatnya di Jalan Raya Driyorejo. "Aksi tutup jalan juga akan kami lakukan jika status pailit tidak dibatalkan. Soal pailit kami tidak terlalu tahu. Yang kami inginkan hanya bisa kembali bekerja," tegasnya.

Untuk diketahui, dalam kasus pailit PT SAIP, tim penyidik dari Subdit II Hardabantah (harta benda, bangunan, dan tanah) Ditreskrimum Polda Jawa Timur pada Jumat lalu (4/4) telah berhasil meringkus tersangka kurator yang diduga memalsukan surat dokumen utang-piutang, Jandri Onasis Siadari. Kini tersangkamendekap di Rutan Kelas I Medaeng, Sidoarjo.

Kurator asal Jakarta tersebut sebelumnya telah diserahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, Senin (7/4) lalu dan dari kejati dilimpahkan ke Kejaksaaan Negeri (Kejari) Surabaya. Dan Polda Jatim telah menetapkan Jandri sebagai tersangka dalam kasus pemalsuan dokumen utang-piutang antara PT ZT Holding Pte, Ltd (selaku pemberi kredit) dengan PT SAIP di Jalan Kedungdoro, Surabaya. Penetapan status tersangka kepada Jandri sendiri, berdasarkan Laporan Polisi bernomor: LPB/403/IV/2013/UM/Jatim, tertanggal 23 April 2013 dengan pelapor atas nama Imanuel Robert Najoan (56), warga Bukit Pakis, Surabaya.

Setelah disidik dan gelar perkara, yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan Pasal 263 ayat (1) dan (2) KUHP tentang pemalsuan surat. Surat yang dipalsukan adalah surat laporan hasil pemungutan suara kepada hakim pengawas.

Surat itu, isinya menyatakan, pihak kreditur (pemberi utang), dalam hal ini PT ZT Holding Pte, Ltd, belum menyerahkan dokumen tagihan kepada pengurus hingga batas waktu yang ditentukan. Sehingga (PT Surabaya Agung Industri Pulp) memenuhi syarat untuk dinyatakan pailit.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ternyata PT Holding Pte, Ltd sudah menyerahkan dokumen piutang pada tanggal 28 Maret dan tanggal 10 April tahun 2013. Dan setelah proses penyelidikan dan gelar perkara, maka status terlapor (Jandri Onasis Siadari) ditingkatkan menjadi tersangka.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...