Khofifah Indar Parawansa Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa dari Unair

Khofifah Indar Parawansa Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa dari Unair Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat meraih gelar Doktor Honoris Causa dari Unair. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Airlangga (), Minggu (15/10/2023). Penganugerahan tersebut bertepatan dengan pengukuhan wisuda di Airlangga Convention Center (ACC).

Dalam orasinya, mantan Menteri Sosial itu mengangkat tema pembangunan ekonomi kerakyatakan melalui reformasi sistem perlindungan sosial untuk percepatan pengentasan kemiskinan yang mudah. Dijelaskan, program bantuan sosial yang ada di berbagai kementerian, sehingga banyak kartu bantuan bagi masyarakat miskin dan perlu diintegrasikan.

"Dulu masing-masing kementerian punya kartu-kartu akhirnya disatukan. Dulu bantuannya atas nama pemerataan. Ini bantuan sekolah dapat tapi kartu kesehatan tidak dapat. Dapat PKH tapi raskin tidak dapat. Akhirnya diintegrasikan," paparnya.

Kemudian, lanjut , digital ekosistem yang awalnya manual kemudian didigitalisasi untuk mengurangi potensi-potensi negatif yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab jika secara cash. Dengan demikian, bantuan dikirim melalui e-wallet yang sudah terintegrasi dengan himpunan bank negara (himbara).

"Setelah itu masih kami bangun interoperability, ini kan implementasinya himbara, jadi kalau kita berbagi, mana BNI, mana BRI, mana Mandiri, mana BTN. Nah kalau ini tidak interoperability maka misalnya yang membagi Kementerian BUMN sendiri, katakan Kota Surabaya BNI, nanti Sidoarjo Mandiri, itu yang membuat pembagian Kementerian BUMN," ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO