Petrokimia Gresik Komitmen Dukung Pengembangan Energi Bersih

Petrokimia Gresik Komitmen Dukung Pengembangan Energi Bersih Area Pabrik Petrokimia Gresik. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - berkomitmen mendukung pengembangan energi bersih di Tanah Air dengan memfasilitasi pengembangan green hydrogen dan green ammonia terintegrasi di kawasan perusahaan. Program ini merupakan inisiasi dari kolaborasi dengan PT PLN, dan perusahaan asal Arab Saudi, .

Direktur Utama , Rahmad Pribadi, menyebut pihaknya telah menyiapkan master plan pengembangan bisnis pada tahun ini, seperti pengembangan green hydrogen dan green ammonia yang akan menjadi penopang pertumbuhan di masa mendatang. Hal tersebut diungkapkan dalam segmen Performance Report 2023.

"Kita telah bekerja sama dengan banyak pihak, dan kita juga sudah menetapkan beberapa titik untuk pengembangan dengan teknologi dan metode yang berbeda-beda. Di ( ) kita akan mengembangkan industri hijau dengan berbasiskan tenaga surya Ini adalah industri masa depan. Jika kita tidak dari sekarang, maka kita akan ketinggalan gerbong," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama , Dwi Satriyo Annurogo, menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung program pengembangan green hydrogen dan green ammonia. Ia mengungkapkan, perjanjian studi pengembangan energi bersih di ini telah ditandatangani para pihak dan disaksikan oleh Kementerian pada bulan Juli 2023, lalu.

Saat ini, kata ia, sudah pada tahapan feasibility study atau pengumpulan data teknis terkait Pabrik Amoniak eksisting dan sejumlah fasilitas yang akan dimanfaatkan.

"Dalam proyek ini, mendapat tugas dari menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan electrolyzer, atau alat yang akan menghasilkan green hydrogen dari air. Selanjutnya green hydrogen tersebut akan dikirim ke Pabrik 1A atau 1B , tergantung nanti hasil kajian mana yang lebih feasible, sehingga dapat menghasilkan green ammonia," ucap Dwi Satriyo, Selasa (10/10/2023)

Saat ini, tambah Dwi Satriyo, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar proyek ini berjalan lancar dan sesuai target. Dimana target yang diberikan pada Kuartal IV tahun 2026 telah berjalan secara komersial.

Kerjasama pengembangan green hydrogen dan green ammonia merupakan upaya nyata penerapan komitmen Grup terhadap pengembangan energi bersih yang sebelumnya telah bekerjasama dengan .

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO