Mahasiswa Jogja tuding MK Diperalat Dinasti Politik, Sindir Jokowi?

Mahasiswa Jogja tuding MK Diperalat Dinasti Politik, Sindir Jokowi? Aliansi mahasiswa dan masyarakat Yogyakarta saat menggelar demo di pertigaan UIN Sunan Kalijaga. Foto: Ist

YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Aliansi mahasiswa dan masyarakat menggelar demo di pertigaan UIN Sunan Kalijaga, Jumat (6/10/2023). Mereka meneriakkan adanya indikasi Mahkamah Konstitusi (MK) sedang diperalat untuk kepentingan dinasti politik.

Roby selaku koordinator menyatakan telah terjadi praktik politik kotor yang membodohi publik menjelang pemilihan presiden 2024. Menurut dia, saat ini sedang ada upaya oleh rezim penguasa menggunakan MK sebagai alat membangun dinasti politik

"Ada upaya-upaya rezim penguasa menggunakan Mahkamah Konstitusi untuk memberikan kekuasaan yang sangat mudah untuk keturunan dan keluarganya," ujarnya

Ia menyebutkan, upaya mengangkangi MK ini tidak seharusnya dilakukan karena merupakan bentuk keserakahan yang tidak sepatutnya dilakukan pemimpin.

"Keserakahan telah memporakporandakan demokrasi dengan memberikan keistimewaan relasi kuasa kekeluargaan yang kita sebut sebagai dinasti politik," tuturnya.

Seorang pemimpin, kata Roby, telah menerima mandat dari rakyat. Namun kepercayaan itu dihianati karena justru dijadikan alat untuk mendapatkan keistimewaan bagi keluarganya.

"Tidak pantas seorang pemimpin yang diberikan kepercayaan mandat dari rakyat justru mencari jalan keistimewaan untuk kekuasaan untuk segelintir orang yang dekat dengan dirinya," paparnya. (sis/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Diduga Rem Blong, Truk Oren Tabrak Gerbang Kantor Polsek Sentolo Kulon Progo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO