Dukung Desa Bersinar, BNNK Sidoarjo Bentuk Remaja Teman Sebaya Antinarkoba

Dukung Desa Bersinar, BNNK Sidoarjo Bentuk Remaja Teman Sebaya Antinarkoba Remaja Teman Sebaya Antinarkoba ketika belajar soal public speaking di Media Center BNNK Sidoarjo. Foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (K) terus menabuh genderang perang melawan peredaran gelap narkoba di Kota Delta. Salah satunya, upaya pencegahan melalui program Desa Bersinar (Bersih Narkoba).

Nah, untuk mendukung program Desa Bersinar ini, K merekrut sejumlah pelajar SMA dan SMP sebagai Remaja Teman Sebaya Antinarkoba. Tahun 2023 ini, ada sepuluh pelajar SMP dan SMA ditetapkan sebagai Remaja Teman Sebaya Antinarkoba.

Sepuluh Remaja Teman Sebaya Antinarkoba ini terdiri dari tiga pelajar SMP yang berdomisili di Desa Gemurung Kecamatan Gedangan, tiga pelajar SMP asal Desa Prasung Kecamatan Buduran, serta empat orang Duta Antinarkoba tahun 2023, yang juga pelajar SMA.

Kepala K Kombes Pol Raden Muhammad Tohir Hendarsyah menyatakan, Remaja Teman Sebaya Antinarkoba ini diharapkan sebagai agen perubahan di masing-masing desanya, untuk mendukung terwujudnya program Desa Bersinar.

"Para remaja ini bisa menyampaikan tentang bahaya narkoba kepada teman-teman seusianya. Juga bisa mengajak teman yang terindikasi kecanduan narkoba untuk mengikuti program rehabilitasi," cetus Kombes Pol Raden Muhammad Tohir Hendarsyah, dalam keterangan tertulis, Selasa (23/5/2023).

Sebagai informasi, para Remaja Teman Sebaya Antinarkoba ini digembleng dengan sejumlah pengetahuan dan ketrampilan oleh K , melalui kegiatan Dialog Interaktif, dengan beragam narasumber, pada bulai Mei 2023 ini.

Pada acara Dialog Interaktif yang digelar sebanyak lima kali ini, para pelajar relawan antinarkoba tersebut mendapatkan bekal sejumlah pengetahuan dan ketrampilan, diantaranya tentang public speaking, jurnalistik dasar dan bijak bermedia sosial.

"Para Remaja Teman Sebaya Antinarkoba ini juga mendapatkan bekal pengetahuan soal motivasi dan tentu saja materi tentang P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika)," cetus salah satu anggota Tim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat K di sela Dialog Interaktif IV Pembentukan Remaja Teman Sebaya Antinarkoba, di Media Center Kantor K , Jl Perum Taman Pinang Blok AA8 Nomor 1A, Selasa (23/5/2023).

Salah satu narasumber dalam Dialog Interaktif ini, Erin Erniati mengatakan, dengan ketrampilan berbicara di depan umum, para Remaja Teman Sebaya Antinarkoba ini diharapkan mampu menjelaskan materi soal bahaya narkoba secara gamblang dan menarik.

"Sehingga pesan yang mau disampaikan oleh para Remaja Teman Sebaya Antinarkoba ini bisa dipahami oleh orang lain, terutama ke teman-teman sebayanya," ujar penyiar sebuah radio di Kota Malang ini. (sta/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO