Patenkan Satu Lagi Kekayaan Budaya Kabupaten Kediri, Dhito: Biar Tak Diklaim Pihak Luar

Patenkan Satu Lagi Kekayaan Budaya Kabupaten Kediri, Dhito: Biar Tak Diklaim Pihak Luar Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Satu demi satu kekayaan budaya di Kabupaten Kediri terus dipatenkan oleh Bupati Hanindhito Himawan Pramana. Usai beberapa waktu lalu , kini juga berhasil mendapatkan ().

Pematenan ini tertuang dalam surat pencatatan inventarisasi kekayaan intelektual komunal ekspresi budaya tradisional Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Pematenan dan kekayaan budaya di Bumi Panjalu ini adalah upaya Pemerintah Kabupaten Kediri agar tidak ada klaim-klaim dari pihak-pihak luar.

“Apapun bentuk kebudayaan yang asli Kabupaten Kediri tentu akan kita -kan. Berproses satu per satu agar tidak ada klaim pihak mana pun,” kata bupati yang merupakan Putra Menseskab Pramono Anung itu, Selasa (10/1/2023).

Ia berharap upaya pematenan itu dapat memunculkan kembali gairah budayawan dan seniman untuk mementaskan dan .

Bupati yang karib disapa Dhito itu berharap nantinya pementasan budaya dan kesenian asli Kabupaten Kediri dapat menyambut bandara. Ia yakin budaya yang mencirikhaskan Kabupaten Kediri dapat mendorong wisatawan untuk datang ke Bumi Panjalu.

“Dengan kemudahan adanya bandara, pementasan-pementasan harus sering dilakukan oleh pegiat seni budaya. Harapannya, setelah bandara beroperasi kita sudah siap dengan suguhan-suguhan asli Kabupaten Kediri,” ujarnya.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO