Khofifah Ajak Sektor Pendidikan Tangkap Peradaban Dunia dengan Perkuat Kualitas dan Kerja Sama

Khofifah Ajak Sektor Pendidikan Tangkap Peradaban Dunia dengan Perkuat Kualitas dan Kerja Sama

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penghargaan tertinggi pendidikan jenjang SMA kembali digelar di Surabaya, Jumat (16/12) malam. Ajang bergengsi tiap tahun yang digelar Dinas Pendidikan Jawa Timur ini memberikan penghargaan melalui SMA awards bagi satuan pendidikan, hingga peserta didik yang dituntut kritis, mandiri, berkebhinekaan, dan memunculkan inovasi untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Setidaknya ada 35 bidang yang dilombakan. Di antaranya lomba OSIS Eksis, Monolog, Teater, Podcast, Cerdas Cermat Kebangsaan, Kompetisi Sains, Duta Pelajar Putra dan Putri, Komik Strip, Fotografi, dan Menyanyi Solo. Selain itu, terdapat penghargaan khusus yang meliputi Juara Umum SMA Award 2022, Most Excited SMA Award 2022, SMA Double Track Terbaik, Sekolah Inspiratif, dan Sekolah Empresif.

Dalam kesempatan ini, melalui Dinas Pendidikan Jawa Timur juga memberikan penghargaan kepada Sri Widiati dan Asri Widiapsari sebagai "Person Honored In Top Standard of Education in East Java".

Terkait ajang ini, Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa menyebut Jawa Timur menemukan "teladan baru" pendidikan untuk program double track. Yakni dinobatkannya SMAN 1 Pronojiwo Kabupaten Lumajang sebagai terbaik. Apalagi Pronojiwo menjadi salah satu daerah terdampak erupsi gunung Semeru.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini menyebut, adanya kategori juara umum 2022, most excited SMA award 2022, terbaik 2022, sekolah inspiratif, dan sekolah empresif begitu spesifik.

"Saya rasa ini tidak bisa dibikin agregat. Masing-masing bidang lomba butuh talent yang sesuai dengan bidang tersebut. Dunia ini memang makin spesifik dan tidak bisa generalisasi. Apa yang dilakukan Kepala Dinas dan tim serta dewan juri bekerja menyiapkan masa depan dengan spesifikasi yang dibutuhkan saat ini," terang dia.

Dijelaskan , ada PR bagi Jawa Timur bahwa lulusan SMA lebih dari 50 persen tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Padahal pendidikan menjadi bagian penting untuk membangun peradaban dunia ke depan. Dan peradaban dunia harus dikuasai diwarnai dengan nilai-nilai yang menjunjung tinggi derajat kemanusiaan dan kebhinnekaan.

Kishore Mahbubani, dikatakan , pernah meprediksi pegerakan dunia berasal dari negara Timur Tengah, kemudian ke Eropa, Amerika, dan Asia.

"Ini prediksi tahun 2009 dan Indonesia saat itu belum mampu menangkap peluang itu. Korea menjadi negara yang bisa menangkap peluang peradaban tersebut," terangnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO