Tiga Warga Tuban Transmigrasi ke Sulawesi, Bupati Lindra Doakan Sukses

Tiga Warga Tuban Transmigrasi ke Sulawesi, Bupati Lindra Doakan Sukses Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky bersama transmigran, Senin (17/10/2022).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak tiga kepala keluarga (KK) asal Kabupaten , mengadu nasib mengikuti program transmigrasi ke Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Ketiga warga terpilih itu, adalah Padi dan Pargi warga Desa Kumpulrejo, Kecamatan Parengan, serta Mustofa asal Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding. Mereka pindah dan menetap di lokasi transmigrasi bersama anak dan istri masing-masing.

"Program dibuka kembali setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) , Sugeng Purnomo, Senin (17/10/2022).

Sugeng menyebutkan, Program ini memang breakdown dari pusat ke provinsi, dan mereka bertiga sebenarnya sudah mendaftar dari tahun lalu, tapi karena karena memang belum ada, maka baru diberangkatkan sekarang. Setelah program transmigrasi kembali dibuka, Kabupaten memberangkatkan 3 Kepala Keluarga (KK) untuk mengikuti program tersebut.

"Para transmigran ini akan mendapatkan rumah dan lahan garapan seluas dua hektar, peralatan bertani, peralatan dapur serta uang jaminan hidup selama satu tahun," jelas Sugeng.

Mantan Camat Kerek ini menambahkan, proses pemilihan transmigran juga tak main-main, sebab sebelumnya banyak terjadi penyalahgunaan program ini. Para peserta sebelum berangkat harus melalui sistem verifikasi ketat dan komitmen tinggi dari warga. Selain itu, juga harus mengikuti pelatihan transmigrasi terlebih dahulu.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO