Jelang Musim Hujan, Pemkab Kediri Lakukan ini

Jelang Musim Hujan, Pemkab Kediri Lakukan ini Plt Kepala DPUPR Kabupaten Kediri, Irwan Chandra, saat memberi keterangan kepada wartawan. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkab melalui dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat (DPUPR) melakukan percepatan pengerjaan normalisasi sungai menjelang musim penghujan tahun ini. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya luapan air yang mengakibatkan .

Normalisasi yang dilakukan DPUPR Kabupaten menyasar sungai-sungai yang berpotensi terjadinya di daerah barat sungai seperti Kolokoso, Hadisingat, hingga Bakung. Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPUPR Kabupaten , Irwan Chandra, menyebut normalisasi itu untuk mengembalikan fungsi sungai yang terjadi pendangkalan akibat adanya sendimentasi.

“Normalisasi ini dalam rangka mengembalikan fungsi sungai secara optimal akibat terjadinya proses pendangkalan yang dikarenakan sedimentasi serta perbaikan tanggul yang kritis,” ujarnya, Kamis (13/10/2022).

Dengan pengembalian fungsi sungai, kata Irwan, luapan pada sungai dapat diminimalisir sehingga mencegah yang sering terjadi, utamanya di desa yang dilewati oleh Sungai Bakung. Sungai dengan panjang sekitar 4,1 kilometer itu melewati 5 desa (Jati, Cengkok, Sumberduren, Kedungsari, serta Kaliboto) di Kecamatan Tarokan. 

Menurut Irwan, normalisasi sungai merupakan tindak lanjut dari instruksi Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, yang mana pihaknya juga melakukan inventarisir titik yang mengalami sedimentasi hingga daerah rawan .

“Normalisasi ini program tahunan dari DPUPR sesuai dengan arahan Mas Dhito, di mana kami juga mengidentifikasi daerah yang berpotensi untuk dilakukan normalisasi,” tuturnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO