​Peringati Hari Batik Nasional, Disperdagin dan Dekranasda Kota Kediri Lakukan ini

​Peringati Hari Batik Nasional, Disperdagin dan Dekranasda Kota Kediri Lakukan ini Batik Corner, salah satu kegiatan dalam peringatan hari batik nasional di Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Disperdagin Kota bekerja sama dengan Dekranasda setempat menggelar kegiatan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional tahun ini, yaitu Batik Corner. Ada 8 kelompok pengrajin dalam kegiatan yang berlangsung di Town Square mulai Sabtu (1/10/2022) sampai Minggu (2/10/2022).

Kepala Disperdagin Kota , Tanto Widjohari, mengatakan bahwa acara tersebut diisi peragaan busana (fashion show) yang menggandeng Aji "Ningrat Prasojo", Desainer sekaligus artisan Kota yang berkolaborasi dengan Batik Djajawarsa. Selain itu ada pula kegiatan 'nyanting' bareng.

"Kita libatkan para artisan di Kota mulai dari Dermo, Semampir, Dandangan, Rejomulyo, Mrican, dan Tosaren. Besok ada lomba nyanting bareng dan selama pameran berlangsung untuk pengunjung yang bersedia mencanting sudah kita siapkan doorprize. Bagi pengunjung yang hobi foto juga bisa mengikuti give away di Instagram," ujarnya.

Sebagian karya artisan Kota juga akan dipamerkan di Jakarta Convention Center (JCC) tepat pada peringatan Hari Batik Nasional. Tanto menambahkan, Pemkot juga menaruh perhatian lebih untuk para artisan dan melalui pihaknya, mereka selalu dilibatkan untuk ambil bagian dalam pameran-pameran nasional.

"Kita libatkan artisan di even nasional seperti di even pameran yang digelar Provinsi Jawa Timur awal tahun kemarin dan Pameran Apeksi di Padang Agustus lalu," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pengguna Jalan di Pasar Pahing Kediri Tersengat Listrik':