Terima Tambahan 10 Ribu Ton, Dinas Pertanian Tuban Minta Petani Tak Khawatir Soal Pupuk Bersubsidi

Terima Tambahan 10 Ribu Ton, Dinas Pertanian Tuban Minta Petani Tak Khawatir Soal Pupuk Bersubsidi

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Peternakan (DKP2P) menyebut telah menerima sebanyak 10 ribu ton tambahan alokasi pupuk bersubsidi.

Penambahan alokasi tersebut tertuang dalam SK Realokasi Pupuk Bersubsidi dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.

Kepala DKP2P Eko Arif Yulianto membenarkan adanya tambahan alokasi pupuk bersubsidi tersebut. Dua jenis pupuk yang mendapat alokasi tambahan, yakni pupuk jenis urea sebanyak 3.944 ton dan NPK sebanyak 6.065 ton.

“Saat ini, stok pupuk jenis urea sebanyak 69.404 ton dan pupuk NPK 44.525 ton,” jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu (29/9/2022).

Dengan adanya tambahan tersebut, lanjut Arif, petani di tidak perlu khawatir. Karena pupuk bersubsidi telah tersedia sesuai alokasi untuk menyambut musim tanam Oktober sampai Desember mendatang.

"Para petani jangan panik atas dugaan kelangkaan pupuk ini. Sebab, jika memang jatahnya masih ada pasti akan terlayani," imbuhnya.

Kabid Sarana Pertanian pada DKP2P Tuban, Hart Novembria menambahkan, terkait dugaan kelangkaan pupuk akhir-akhir ini yang dikeluhkan petani, pihaknya telah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) bersama tim dari Diskopumdag Tuban di lapangan terkait dugaan itu.

"Karena isunya kelangkaan, maka kita cek di gudang penyangga PT Pupuk Indonesia yang ada di, yaitu di Jenu, Palang dan Widang. Ternyata stoknya sangat melimpah," tegas Bu Novi, sapaannya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO