Tanya-Jawab Islam: Bagaimana Posisi Kitab Suci Lainnya Usai Al-Quran Diturunkan?

Tanya-Jawab Islam: Bagaimana Posisi Kitab Suci Lainnya Usai Al-Quran Diturunkan? Dr. KH Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kiai yang terhormat, perkenankan diri saya bertanya; setelah Al-Quran diturunkan, bagaimana posisi dan nasib ajaran-ajaran tiga kitab suci: Taurat, Zabur dan Injil yang turun sebelum Al-Quran? Mohon penjelasan!

Ny. Satoto, Pasuruan.

Jawaban:

Perlu diketahui bahwa secara umum ajaran para Nabi sejak nabi Adam sampai nabi Muhammad saw itu tidak mengandung ajaran yang berbeda secara substantif. Perbedaan hanya terjadi pada ajaran-ajaran yang bersifat teknis dan aplikatif, yang dalam bahasa Al-Quran disebut syariat. Syariat dalam ajaran kitab-kitab suci yang diturunkan Allah pada para Nabi-Nya memang memberi peluang untuk berbeda sesuai zaman, lokasi dan kemampuan bangsa yang menjadi sasaran ajaran suci tersebut. Sedang ajaran pokok yang bersifat teologis (ajaran yang terkait dengan Allah dan sifat-sifat yang terkait) itu tidak ada perbedaan.

Dengan demikian, kitab suci Taurat yang diturunkan kepada nabi Musa (1527-1407 SM), kitab Zabur yang diturunkan kepada nabi Daud (1041-971 SM) dan kitab Injil yang diturunkan kepada nabi Isa (1 SM – 32 M), dalam pemahaman kaum Muslim itu berlaku pada zaman dan bangsa yang menjadi sasaran dakwah ketika tiga kitab suci itu diturunkan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO