Antisipasi PMK di Pamekasan, Petugas Gabungan Periksa Kendaraan Pengangkut Hewan Ternak

Antisipasi PMK di Pamekasan, Petugas Gabungan Periksa Kendaraan Pengangkut Hewan Ternak Petugas gabungan saat memeriksa kendaraan pengangkut hewan di Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Petugas gabungan menggelar pemeriksaan kendaraan yang mengangkut hewan ternak di Pos Ambat, Jalan Raya Ambat, Desa/Kecamatan Tlanakan, Kabupaten , Jumat (10/6/2022). Agenda tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku () pada sapi di Bumi Gerbang Salam.

Petugas yang terjun di lapangan terdiri dari TNI-Polri, satpol pp, dishub, BPBD dan dinas mantri kehewanan. Mereka melakukan pengecekan dan penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan yang membawa sapi.

"Kita bersama petugas gabungan melakukan pemeriksaan setiap kendaraan roda empat yang membawa hewan ternak, seperti sapi dan kambing yang datang dari luar kabupaten maupun provinsi," kata anggota Kodim 0826/, Serka Daufir.

"Petugas dari BPBD juga melakukan penyemprotan untuk mengantisipasi hewan tersebut membawa penyakit sehingga tidak terjadi penularan terhadap hewan ternak yang lain," imbuhnya.

Petugas juga mengimbau kepada pedagang maupun pemilik sapi agar segera melaporkan kepada Babinsa, Babinkamtibmas, maupun petugas kesehatan apabila mendapati hewan ternak yang mengalami gejala

"Dengan pemeriksaan secara rutin terhadap keluar-masuknya hewan ternak, diharapkan masyarakat tidak resah dalam menghadapi hari raya Iduladha 1443 H, untuk memilih hewan korban," pungkasnya. (dim/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO