Gandeng Percasi Tuban, KKGO SLTP-SLTA Gelar POPDA Cabor Catur

Gandeng Percasi Tuban, KKGO SLTP-SLTA Gelar POPDA Cabor Catur Kejuaraan catur Piala Bupati ke XVIII yang digelar oleh Pengkab Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Tuban, Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) SLTP-SLTA menggelar kejuaraan catur Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), Rabu (1/11/2023).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bekerjasama dengan Pengkab Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Tuban, Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) SLTP-SLTA menggelar kejuaraan catur Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), Rabu (1/11/2023).

Kejuaraan yang diselenggarakan di Aula SMKN 1 Tuban itu, telah diikuti siswa yang berasal dari SLTP, SLTA, MTs dan MA se-Kabupaten Tuban yang dikemas melalui Piala Bupati ke XVIII.

Ketua , Adi Sudigdo mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kejuaraan yang diselenggarakan KKGO dalam rangka proyeksi seleksi atlet Jatim 2024. Tak hanya itu, kegiatan ini juga bertepatan menyambut Hari Jadi Tuban ke-730. Disisi lain, selama perhelatan piala bupati ini sementara ada 11 cabor yang dilombakan.

"Dan hari ini adalah catur yang diikuti 61 pelajar SLTA dan 82 pelajar SLTP. Bukan hanya sekolah negeri, sekolah swasta juga tercover, seperti MTs dan Aliyah juga," beber guru SMAN 1 Kerek.

Ia berharap, kegiatan ini tentu untuk mengukur hasil latihan ekstrakurikuler yang ada di sekolah masing-masing. Kemudian, tujuan lainnya untuk mencari bibit atlet Percasi. Sehingga, kedepan Percasi bisa mengambil bibit atlet dari hasil pertandingan yang diselenggarakan KKGO.

"Kedepan, dari hasil kejuaraan yang diselenggarakan hari ini dan besok akan diambil juara 1, 2 dan 3. Sehingga, kedepannya hasil dari pemenang bisa dibina oleh Percasi untuk atau Porprov," harap Digdo sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua , Suwandi menegaskan, kejuaraan catur ini sangat membantu Percasi dalam penjaringan atlet-atlet yang memiliki potensi.

"Sekilas tadi saya lihat, ternyata ada beberapa anak yang memiliki potensi bagus, bahkan tadi ada salah satu peserta yang mampu mengalahkan peserta lainnya yang sudah biasa mengikuti turnamen hingga ke luar Tuban," beber pria yang juga ketua PWI Tuban itu.

Artinya, kata Suwandi, dari situ masih banyak bakat atlet catur yang selama ini belum terlihat potensinya. Kedepan, harapannya kegiatan seperti ini juga diadakan tingkat kecamatan, agar terlihat potensi yang di bawah.

"Semoga di Kabupaten Tuban terus muncul atlet-atlet yang prestasi," harap Suwandi yang juga sebagai wartawan BANGSAONLINE.com ini. (gun/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO