Baznas Dirikan Tenda untuk Pelayanan Psikososial Anak Korban Erupsi Semeru

Baznas Dirikan Tenda untuk Pelayanan Psikososial Anak Korban Erupsi Semeru Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyapa anak-anak yang mendapat pelayanan psikososial di tenda Ruang Ramah Anak Milik Baznas Jawa Timur.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Jatim bergerak cepat untuk membantu korban erupsi Semeru, salah satunya dengan mendirikan tenda bagi anak-anak.

Kepala Bidang Pendistribusian Jatim, Abdul Kholik, menuturkan pihaknya bersama RI dan Kabupaten Lumajang berindak cepat membantu korban erupsi Semeru. "Posko ini baru kemarin didirikan," ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Rabu (8/12).

telah mendirikan dapur umum, memberi pelayanan kesehatan, menyediakan depo air bersih, dan mengirim relawan tanggap bencana di area pengungsian yang terletak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

"Dapur umum kita siapkan untuk kebutuhan pengungsi. Selanjutnya juga mengirim relawan ke lokasi ikut terlibat dalam pencairan korban erupsi gunung Semeru," tuturnya.

Sejauh ini, lanjut Abdul, kegiatan ini baru menyasar masyarakat terutama yang terdampak erupsi Semeru, khususnya kelompok rentan seperti anak-anak. Ia memaparkan, Jatim juga observasi warga terdampak dan memberi bantuan berupa masker, suplemen, puzzle, snack ringan, susu, buku gambar, dan crayon.

“Terapi bermain dengan sasaran anak-anak bernyanyi, games, story telling cerita anak, pemberian Bantuan Psikologis awal terhadap anak-anak,” ungkapnya.

Kholik mengatakan bahwa orang dewasa nantinya bakal diberi pelayanan yang sama sehingga bisa mengobati trauma. 

"Baru anak-anak yang diberikan layanan dukungan psikososial. Nantinya, orang dewasa juga akan diberi layanan tersebut," pungkasnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk menyapa anak-anak yang mendapat pelayanan psikososial di tenda Ruang Ramah Anak yang didirikan oleh Jatim. Selain menyapa anak-anak yang mendapatkan psikososial, Jokowi juga menyapa warga korban erupsi Gunung Semeru. (ron/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO