Bupati Gus Yani dan Rektor Unusa Teken Kerja Sama Optimalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Bupati Gus Yani dan Rektor Unusa Teken Kerja Sama Optimalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Bupati Gus Yani dan Rektor Unusa serta Wabup Bu Min dan pejabat Pemkab Gresik usai penandatanganan MoU. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE.com

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik, Fandi Akhnad Yani dan Rektor Unusa (Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya) Prof. Dr. Achmad Jazidie, M.Eng, melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Kampus Unusa, di Jl. Jemursari No. 51-57 Surabaya, Jumat (3/8).

MoU tersebut berisikan kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan, kesehatan, dan pengabdian masyarakat. Acara yang berlangsung penuh keakraban ini menjadi titik awal kerja sama antara pemerintah Kabupaten Gresik dengan Unusa.

Kerja sama tersebut dimaksudkan untuk menyelaraskan penyelenggaraan pemerintah daerah dengan program Tri Dharma Perguruan Tinggi serta program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Dengan adanya kerja sama itu, diharapkan sinergitas potensi sumber daya yang dimiliki kedua pihak dapat ditingkatkan untuk mewujudkan visi dan misi masing-masing.

Rektor Unusa, Achmad Jazidie mengatakan kerja sama seperti ini sangat diperlukan untuk mensinergikan potensi yang dimiliki para pihak agar dapat memberikan dampak yang lebih besar.

"Kami berharap ada hubungan yang dekat antara dunia kampus dan industri, termasuk di dalamnya pemerintah daerah. Sinergi perguruan tinggi dan pemerintah daerah memang perlu supaya ada titik temu kebijakan untuk kemajuan daerah serta meningkatkan sumber daya manusia di kedua pihak," katanya.

Bupati Gus Yani mengamini pernyataan Rektor Unusa mengenai sinergitas positif antara kampus dan pemerintah daerah yang perlu ditingkatkan.

"Kita sudah mempersiapkan implementasi dari kerja sama ini. Semoga implementasi tersebut dapat maksimal dilaksanakan supaya membawa kemajuan bagi kedua pihak, terutama Kabupaten Gresik. Terima kasih sudah mau mendampingi Kabupaten Gresik agar dapat meroket," kata bupati.

Ada beberapa hal yang disepakati pada kerja sama tersebut, di antaranya bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian masyarakat. Selain itu, kerja sama mencakup peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), perencanaan strategis daerah, kajian, dan evaluasi pembangunan daerah.

Selanjutnya, pendampingan dan bantuan teknis implementasi pembangunan daerah, pendampingan, dan bantuan teknis peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), serta penyelenggaraan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. 

Turut hadir dalam penandatanganan kerja sama itu, Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik S. Hariyanto, dan Kabag Bagian Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Gresik Nurlaelie Indah. Selain itu, Wakil Rektor Unusa beserta para dekan. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO