Punya Rute Baru, Kini Naik Suroboyo Bus Bisa dengan Cashless

Punya Rute Baru, Kini Naik Suroboyo Bus Bisa dengan Cashless Armada Suroboyo Bus kini punya rute baru dan juga pembayarannya tak hanya pakai botol plastik, namun sekarang juga bisa nontunai (cashless). (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Armada kini punya rute baru dan juga pembayarannya tak hanya pakai botol plastik, namun sekarang juga bisa nontunai (cashless). Beberapa ubahan ini diperkenalkan Wali Kota Eri Cahyadi di Balai Kota, Senin (23/8/2021).

Launching rute baru dan metode pembayaran nontunai dilakukan dengan pemotongan untaian bunga dan pecah kendi oleh Wali Kota Eri beserta Kapolrestabes , disaksikan oleh Forkopimda . Setelahnya, mereka melihat langsung berbagai fasilitas baru di dalam seperti mesin press botol yang dapat digunakan oleh penumpang yang membayar dengan sampah botol plastik, dan terakhir mereka sekaligus mencoba berkeliling dengan armada baru tersebut.

"Bus baru ini untuk melengkapi 20 armada yang beroperasi sebelumnya juga untuk melayani rute baru dari Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) - Mayjend Jono Soewojo," ungkapnya.

Soal sistem pembayarannya, kini punya dua pilihan yakni pakai botol plastik atau nontunai (elektronik) melalui scan QRIS yang terhubung dengan Gopay, Ovo, serta berbagai aplikasi pembayaran nontunai lainnya, dan juga melakukan pembayaran tunai di tempat tertentu seperti tempat penukaran botol atau minimarket dengan sistem top up.

Sementara tarifnya adalah Rp 5 ribu untuk umum dalam sekali perjalanan. Rp 2.500 untuk pelajar/mahasiswa dalam sekali perjalanan, tentunya dengan menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa yang masih aktif.

"Kalau tenaga pendidik dan pegawai kecamatan/kelurahan gratis dengan menunjukkan ID card pegawai," tegas Eri.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Irvan Wahyudrajad mengatakan, pemberlakuan tarif beserta sistem pembayaran sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 56 Tahun 2021 tentang tarif layanan Bus pada Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Transportasi Umum pada Dinas Perhubungan Kota .

Rute baru yang akan ditempuh oleh akan dimulai dari Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) – Jl. Joyoboyo – Jl. Gunungsari – Jl. Raya Menganti Wiyung – Jl. Raya Wiyung – Jl. Babatan Unesa – PTC – Mayjend Jono Soewojo. Kemudian untuk rute kembali akan melewati Mayjend Jono Soewojo – PTC – Jl. Babatan Unesa – Jl. Raya Menganti – Jl. Raya Wiyung – Jl. Gunungsari – Jl. Joyoboyo – Jl. Diponegoro – Putar Balik Jl. Wonokromo – Putar Balik Bawah Mayangkara – Terminal Intermoda Joyoboyo.

"Rute ini memiliki panjang 21 km terhitung dari lokasi pemberangkatan hingga kembali ke lokasi pemberangkatan semula. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam 20 menit. Setidaknya ada 31 titik pemberhentian atau halte pada rute tersebut," tutup Irvan. (dra/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO