Dinkes Jember Targetkan 8.813 Bumil Tuntas Vaksinasi Akhir Agustus 2021

Dinkes Jember Targetkan 8.813 Bumil Tuntas Vaksinasi Akhir Agustus 2021 Wiwik Supartiwi, Plt Kepala Dinkes Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember memfasilitasi vaksinasi kepada (bumil) sebanyak 2.000 vaksin. Wiwik Supartiwi, Plt Kepala , mengimbau para agar segera mengikuti vaksin.

Menurutnya vaksinasi bagi bumil tidak berbahaya dan dianjurkan bagi mereka yang usia kandungannya di atas trimester dua.

“Sasaran untuk pemberian vaksin kepada kalau usia kehamilan di atas lebih dari trimester dua. Kebetulan kami dinas kesehatan sudah menyediakan 2.000 lebih vaksin untuk bumil dan terus akan kami tambah,” ujarnya usai menghadiri acara pemberian bantuan kepada tenaga pendukung kesehatan di RSD Soebandi Jember, Kamis (19/8).

Ia menargetkan akhir Agustus 2021 ini vaksinasi tahap pertama untuk bumil sudah selesai. “Satu bisa diberikan untuk dosis satu, empat minggu kemudian untuk dosis keduanya,” jelas Wiwik.

Wiwik menjelaskan, proses vaksinasi bagi bumil sudah berjalan sejak tanggal 14 Agustus beserta dengan sosialisasinya.

“Kami mengerahkan seluruh tenaga yang ada di dinas kesehatan dan nakes yang ada di Jember dan difasilitasi oleh dokter. Sebagai narasumber adalah dokter spesialis Ocin menyampaikan tentang pentingnya vaksinasi bagi ,” ucapnya.

Hal itu, kata Wiwik, untuk menghindari berita-berita bohong atau hoaks tentang efek buruk dari vaksin kepada yang banyak dikatakan mengakibatkan kematian.

“Masyarakat dalam sosialisasi itu akan mendapat penjelasan secara klinis dan mereka (masyarakat) bisa berinteraksi langsung dan berkonsultasi kapada dokter spesialis yang difasilitasi oleh dinas kesehatan,” jelasnya.

Ia menyampaikan, bahwa di Kabupaten Jember ada 8.813 yang layak diberi vaksin (usia sesuai anjuran). Proses vaksinasi akan terus berlangsung hingga tuntas menggunakan vaksin jenis Sinovac. (yud/eko/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO