Tekan Angka Stunting, Pemdes Bener Madiun Lakukan PMT pada Ibu Hamil

Tekan Angka Stunting, Pemdes Bener Madiun Lakukan PMT pada Ibu Hamil Pertemuan dan penjelasan bagi ibu hamil terkait stunting oleh bidan Desa Bener, Saradan, Madiun.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Bener, Kecamatan , Lakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi para ibu hamil (Bumil). Hal tersebut, sebagai upaya dalam menekan anak lahir dalam keadaan .

PMT ini, diberikan kepada bumil untuk makan pagi, siang dan malam selama tiga bulan berturut-turut. Makanan tersebut, diantarkan oleh para petugas yang telah ditunjuk.

"Untuk menurunkan angka kita melakukan pemberian makan setiap harinya bagi ibu hamil. Makanan siap makan langsung diantarkan oleh petugas yang ditunjuk. Dan itu kita lakukan selama 3 bulan berturut-turut," kata Kepala Desa (Kades) Bener, Suprapto, Kamis (6/6/2024).

Selain mengantarkan makanan, para petugas tersebut juga melakukan pendataan tentang keadaan ataupun keluhan yang dirasakan.

"Petugas selain mengantarkan makanan juga kita tugaskan untuk menanyai bumil apa saja yang dirasakan atau dikeluhkannya," tuturnya.

Sedangkan, untuk memasak makanan, dilakukan pada satu tempat, sehingga semua kebutuhan dapat terpantau dan bisa dikonsultasikan kepada bidan desa yang ada, termasuk keluhan dari bumil yang terdata saat mengantarkan makanan.

"Untuk mengadakan makanan matangnya kita lakukan di salah satu warga yang kita tunjuk, sehingga bisa terpantau. Untuk mengetahui gizi yang ada serta keluhan dari bumil itu akan segera dikonsultasikan dengan bidan desa," tegasnya.

Dengan adanya pemberian makanan bergizi setiap hari selama tiga bulan ini, Suprapto berharap, saat bayi lahir nanti tidak , sehingga angka di Desa Bener, bisa menurun. (dro/rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO