Gelar Rapat Paripurna DPRD Lamongan, Eksekutif Optimis Semua Target RPJMD Tercapai

Gelar Rapat Paripurna DPRD Lamongan, Eksekutif Optimis Semua Target RPJMD Tercapai Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamongan kembali digelar, Senin (28/6). Memasuki hari ketiga, rapat paripurna tersebut dalam rangka mendengarkan jawaban bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap 2 Raperda Inisiatif Eksekutif dan Jawaban Fraksi atas Pendapat Bupati terhadap 4 Raperda Inisiatif Legislatif.

Bupati Yuhronur Efendi menyampaikan jawaban dan tanggapan atas pendapat, pemikiran, dan saran, serta pertanyaan atas Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 dan Raperda Perubahan Kedua atas Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Lamongan.

Bupati Yuhronur menanggapi berbagai persoalan penting seperti persoalan pembangunan infrastruktur, kemiskinan, fasilitas kesehatan, pelayanan publik, fasilitas pendidikan, hingga target dan capaian RJPMD lima tahun ke depan.

"Berbagai persoalan penting sebagaimana yang disampaikan berbagai fraksi terhadap pemerataan infrastruktur, pemkab berkomitmen melalui program Jamula. Sedangkan untuk penanganan kemiskinan, pemerintah telah bersinergi dengan masyarakat dan dunia usaha dengan melakukan berbagai pendekatan. Pemkab juga melakukan pemerataan kualitas pendidikan, melalui peningkatan sarana prasarana, peningkatan kualitas guru hingga beasiswa bagi keluarga kurang mampu dan berprestasi . Terhadap pelayanan kesehatan, pemerintah terus melakukan pemantauan berkesinambungan di seluruh puskesmas dan jaringannya,” ungkap Yuhronur.

Sementara untuk target dan capaian RPJMD, lanjut Yuhronur, pemerintah daerah menggunakan tiga pendekatan yakni benchmarking, proyek statistik, dan expert judgement. Melalui pendekatan tersebut, eksekutif optimis semua target RPJMD tercapai.

“Pemkab juga mempersiapkan antisipasi melalui evaluasi kinerja perangkat daerah yang akan dilaksanakan setiap semester guna mengetahui capaian dan strategi. Melalui hal tersebut, Pemkab Lamongan berkomitmen dan berkeyakinan serta optimis bahwa target yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik," ungkapnya.

Sementara menanggapi pandangan umum Raperda Perubahan Kedua atas Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Lamongan, Yuhronur mengapresiasi berbagai harapan fraksi agar kinerja pemerintah lebih fokus, efektif, dan signifikan.

Sementara itu, Juru Bicara Imam Fadli mengungkapkan harapannya atas keempat Raperda Inisiatif dan Legislatif agar dapat melahirkan karya, ide, maupun terobosan baru dalam mewujudkan kejayaan Lamongan.

“Apresiasi pemerintah atas Raperda Inovasi Daerah, Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Pengentasan Kemiskinan dan Penyelenggaraan Alam dan Non Alam, kami ucapkan terima kasih. Adapun saran dan harapan melalui raperda ini dapat melahirkan karya, ide, terobosan baru dalam meningkatkan kinerja pemerintahan untuk menuju kejayaan Lamongan. Kami berharap nantinya keempat Raperda ini dapat disahkan,” harapnya. (qom/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO