Kamis, 29 Juli 2021 06:18

Sehari, Bupati Gus Yani Launching 4 Program Sekaligus

Rabu, 16 Juni 2021 21:52 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Sehari, Bupati Gus Yani Launching 4 Program Sekaligus
Bupati Gus Yani bersama Wabup Bu Min disaksikan 3 kepala OPD dan undangan saat launching 4 program sekaligus. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) beserta Wabup Aminatun Habibah (Bu Min) me-launching 4 program sekaligus dalam sehari, di Kelurahan Ngargosari Kecamatan Kebomas, Rabu (16/6/2021).

Keempat program tersebut adalah, rumah sederhana sewa (rusunawa), dimulainya pembangunan prasarana air limbah di Desa Kambingan Kecamatan Cerme oleh Dinas Kawasan Perumahan dan Permukiman (DKPP), Aplikasi Gresikerja oleh Dinas Tenaga Kerja, dan Desain Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Bupati dalam sambutannya menyatakan bahwa di-launching-nya 4 program tersebut untuk membantu kebutuhan masyarakat.

Pembangunan rusunawa di Desa Kambingan misalnya, untuk membantu sarana tempat tinggal bagi warga yang belum memiliki tempat tinggal layak. Kemudian pembangunan prasarana air limbah yang juga di Desa Kambingan, berupa instalasi pembuangan air limbah (IPAL) untuk menjaga sanitasi yang aman. "Tentunya, saya berharap IPAL semacam ini bisa dilakukan di daerah lain," ujar bupati.

BACA JUGA : 

Kapolda Jatim dan Pangdam Cek PPKM Level IV di Gresik

AKD dan Forkopimcam Manyar Door to Door ke Perusahaan Cari Tabung Untuk Bantu Warga Terpapar Covid

Jelang Masuki Masa Pensiun, Kadinsos Gresik Maksimalkan Penuntasan Tugas Pelayanan Masyarakat

Percepat Herd Immunity, Bupati Gus Yani Latih 140 Nakes Hingga Siapkan Tempat Wisata untuk Vaksinasi

Sementara Aplikasi Gresikerja yang diluncurkan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk membantu memudahkan masyarakat mencari kerja. "Sehingga, program ini bisa untuk mengurangi pengangguran terbuka," ucapnya. "Saat ini, akan dimulai pembukaan lapangan pekerjaan di Perusahaan Daerah (Perumda) Giri Tirta," imbuhnya.

Dalam pembukaan lowongan pekerjaan di PDAM (Perumda Giri Tirta), bupati juga meminta dilakukan melalui aplikasi. "Lowongan kerja di PDAM dimulai dengan aplikasi. Ini era digital. Era transparansi," tuturnya.

Adapun desain Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) merupakan program pengelolaan sampah terpadu di Desa Belahanrejo, Kecamatan Kedamean yang diluncurkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Melalui program itu, diharapkan pengelolaan sampah di Gresik tidak terpusat di TPA Ngipik.

"Makanya, kami minta selalu menyampaikan inovasi, sebab sampah juga jadi persoalan. Belum ada tempat pengelolaan sampah yang baik. Mudah-mudahan Gresik Baru ada pengelolaan sampah yang baik," terangnya.

Bupati menjelaskan, dalam TPST nantinya akan dilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, dan pemrosesan akhir sampah.

Pada kesempatan ini, bupati mengingatkan kalau tren Covid-19 terus naik tinggi. Karena itu, ia meminta agar masyarakat selalu waspada. "Jangan kendor protokol kesehatan (prokes)," pintanya.

Gus Yani juga neminta kepada masyarakat yang telah divaksin agar tak abai prokes. "Tinggalkan mindset setelah vaksin aman dari paparan covid. Banyak yang telah divaksin terpapar. Yang terpapar terpapar lagi. Makanya. harus hati-hati. Selalu tegakkan prokes," pungkasnya.

Hadir juga dalam launching tersebut, Anggota DPRD Gresik Lilik Hidayati, Kepala DKPP Achmad Washil Miftachul Rahman, Kepala DLH Mokh Najikh, Kepala Disnaker Ninik Asrukin, Asisten II Ida Lailatussa'diyah, Camat Kebomas Miftachul Huda, pejabat Forkipimda, Forkopimcam, serta sejumlah kades dan lurah. (hud/ian)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...