Rabu, 04 Agustus 2021 13:43

Dua RW di Manukan Wetan Tolak Persentase Bagi Hasil Kompensasi Pengelolaan Aset Pemkot Surabaya

Senin, 14 Juni 2021 15:17 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Dua RW di Manukan Wetan Tolak Persentase Bagi Hasil Kompensasi Pengelolaan Aset Pemkot Surabaya
Gedung Graha Nusantara. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Warga RW 6 dan RW 7 Kelurahan Manukan Wetan, Kecamatan Tandes tetap bersikukuh menolak pembagian hasil pengelolaan aset Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, yakni Gedung Graha Nusantara di Jalan Bibis Tama, jika Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya tetap ngotot meminta jatah 40 persen.

"Sembilan RT dari dua RW dan pengurus gedung sudah sepakat tetap minta 5-10 persen dalam ikatan hukum perjanjian pengelolaan aset. Kita kan ada cantolannya yakni Perwali 80/2016," kata Suwardi, Ketua RW 7, Senin (14/6/2021).

"Dalam rapat undangan dari pihak kejari di kantornya 2 Juni 2021 lalu, minta 40%, tapi kami sebagai warga yang selama ini mengelolanya sangat berat jika harus dipatok nilai persentasenya segitu. Proses ikatan hukum pengelola dengan pemkot tapi belum ada titik temu, antara permintaan dari pengelola dengan pemkot," sambung Wardi.

"Intinya kita tetap minta sederhana kok, yang sudah berjalan selama ini laporan keuangan sudah sampai ke kelurahan, warga masyarakat sudah kondusif, setiap laporan 3 bulan sekali, RT RW ada pemasukan untuk kas, penjaga makam dapat insentif setiap bulan, untuk santunan kematian setiap ada orang meninggal di dua RW," pungkasnya.

BACA JUGA : 

Digeruduk 200 Orang, Diduga Main Hakim Sendiri, Kuasa Hukum Mulyo Hadi Minta Perlindungan Presiden

Soal Dugaan Pelanggaran PPKM di Puncak Permai, Pengacara Ini Berharap Presiden Beri Atensi

Rumah Sehat di Surabaya Bisa Diisi 3 Hingga 10 Pasien

Target Wujudkan Herd Immunity Bagi Warga Surabaya Terkendala Pasokan Vaksin

Sekadar diketahui, pihak Kejaksaan Negeri Surabaya melalui Kantor Pengacara Negara yang mewakili Pemkot Surabaya, mengundang sejumlah pihak baik dari dinas, camat, lurah, dan pengurus gedung termasuk dua RW guna membahas penyelesaian permasalahan terkait tanah dan bangunan aset Pemkot Surabaya yang terletak di Jalan Bibis Tama (Gedung Graha Nusantara).

Dari informasi yang diterima, hasil pertemuan tersebut yakni pertama Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Negeri Surabaya telah menjelaskan beberapa pilihan hubungan hukum yang dapat dilakukan untuk mengelola Gedung Graha Nusantara, di antaranya sesuai dengan ketentuan Pasal 68 Permendagri 19 Tahun 2016 dan ketentuan Pasal 112 Permendagri 19 Tahun 2016.

Kedua, pengurus Gedung Graha Nusantara akan berdiskusi terlebih dahulu terkait pemanfaatan dan pengelolaan Gedung Graha Nusantara yang hasilnya akan disampaikan kepada kelurahan dan kecamatan.

Ketiga, setelah angka dua (2) terpenuhi, Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Negeri Surabaya akan mengadakan rapat lanjutan dengan mengundang pengurus Gedung Graha Nusantara dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. (nf/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...