Rabu, 04 Agustus 2021 23:35

Ini Jawaban Plt. Bupati Marhaen Soal Hak Interpelasi DPRD Nganjuk

Kamis, 10 Juni 2021 15:29 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Ini Jawaban Plt. Bupati Marhaen Soal Hak Interpelasi DPRD Nganjuk
Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Jumadi saat menyerahkan jawaban terkait hak interpelasi kepada Wakil Ketua II DPRD Nganjuk Raditya Harya Yuangga. (foto: BAMBANG DJ/BANGSAONLINE)

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Rapat paripurna dengan agenda penyampaian jawaban Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Jumadi atas hak interpelasi dewan tentang munculnya Perbup 11 tahun 2021 digelar DPRD Nganjuk, Rabu (9/6/2021).

Dalam paripurna itu, Plt. Bupati Marhaen mengatakan bahwa Perbup 11 Tahun 2021 tidak menyalahi aturan, karena acuan yang dipakai adalah Perda Nomor 1 Tahun 2016 dan Perubahan Perda 9 Tahun 2018.

"Saya menganggap perbup tidak melanggar aturan di atasnya. Terkait implementasinya apakah etis atau tidak, secara langsung yang menjawab Bupati Novi," jelasnya.

"Upaya yang akan kami lakukan saat ini adalah menjalin kembali komunikasi antara pemerintah dan DPRD, agar tercapainya suatu kondusivitas pada roda pemerintahan bisa berjalan lebih baik. Saya akan mengupayakan hal ini agar tetap pada slogan 'Nyawiji'," imbuhnya.

BACA JUGA : 

Kabupaten Nganjuk Raih Penghargaan KLA Tingkat Pratama untuk Ketiga Kalinya

Bantu Masyarakat Terdampak PPKM Darurat Covid-19, Pemkab Luncurkan Gerakan Teplekan Wong Nganjuk

Hadiri Diskusi UU ITE, Plt. Bupati Nganjuk: Kontrol Jarimu jika Tak Ingin Tersentuh Hukum

Kado HANI, BNNK Nganjuk Tangkap Kurir Sabu

"Mengenai hal lain dari 9 pertanyaan yang diajukan anggota dewan, secara garis besar sudah kami jawab dan hasilnya kita tunggu pada paripurna berikutnya. Saya berharap dewan bisa menerima dan saya tidak bisa memberikan jawaban terkait etika kenapa bupati mengesahkan perbup," tukasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Nganjuk Ulum Basthomi berharap Plt. Bupati dapat memperbaiki sinergi dan koordinasi dengan DPRD terkait kebijakan yang akan dilaksanakan. "Saya melihat saat itu bupati berjalan sendiri tanpa DPRD," kata Ulum.

Ia kemudian menjelaskan amanat UU Nomor 23 Tahun 2014, bahwa unsur penyelenggara pemerintah daerah adalah bupati dan DPRD. "Tetapi kenapa saat pembahasan Perda Inisiatif DPRD terkait pengisian dan pemberhentian perangkat desa, tiba-tiba di tengah jalan bupati sudah mengeluarkan Perbup 11 Tahun 2021, inilah secara etika kurang baik," cetusnya.

Sementara mengenai jawaban yang sudah disampaikan Plt. Bupati Marhaen, Ulum mengatakan tim perumus masih akan mempelajarinya, untuk menentukan diterima atau ditolak. "(Jawaban) akan kami sampaikan pada rapat paripurna dalam minggu ini," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, DPRD Nganjuk menggunakan hak interpelasi untuk meminta keterangan bupati terkait pengesahan Perbup 11 Tahun 2021. Pokok yang dipertanyakan adalah soal etika bupati mengeluarkan perbup tersebut. (bam/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...