Kamis, 05 Agustus 2021 00:22

Rakor Bahas Pembangunan Waduk Semantok, Kejari Nganjuk Siap Bantu Kawal Pembebasan Lahan

Kamis, 10 Juni 2021 14:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Rakor Bahas Pembangunan Waduk Semantok, Kejari Nganjuk Siap Bantu Kawal Pembebasan Lahan
Rakor percepatan pembangunan Waduk Semantok, Kamis (9/6). foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Nganjuk menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) membahas pembangunan Waduk Semantok bertempat di Gedung Pertemuan Rumah Makan Nirwana, Kelurahan Kauman, Kamis (10/6).

Rapat ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Nganjuk M. Yasin, dihadiri Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasidatun) Boma Wira Gumilar, S.H., M.H. mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Nganjuk, Kepala BPN Nganjuk Masduqi, Kabag Ops Polres Nganjuk Kompol A Rokib, Pasi Intel Kodim 0810 Nganjuk Lettu Inf. Ma' ruf, Perwakilan Balai Besar Widas Surabaya (BBWS) Deny Bayu, Camat Rejoso, Kepala Desa Tritik, dan Kepala Desa Sambikirep.

Sekda Yasin mengatakan, Bendungan Semantok termasuk salah satu Proyek Strategis Nasional sebagaimana tertuang dalam lampiran huruf p angka 157 Peraturan Presiden nomor 56 tahun 2018, tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden nomor 3 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.

"Pemkab Nganjuk berharap partisipasi semua elemen untuk mempercepat pembangunan Bendungan Semantok," kata Yasin.

BACA JUGA : 

Kabupaten Nganjuk Raih Penghargaan KLA Tingkat Pratama untuk Ketiga Kalinya

Bantu Masyarakat Terdampak PPKM Darurat Covid-19, Pemkab Luncurkan Gerakan Teplekan Wong Nganjuk

Hadiri Diskusi UU ITE, Plt. Bupati Nganjuk: Kontrol Jarimu jika Tak Ingin Tersentuh Hukum

Jalani Sidang Daring, Mantan Kades Rowomarto Nganjuk Dituntut Tiga Tahun Penjara Atas Kasus Upal

Untuk percepatan pembangunan itu, Yasin berharap peran semua unsur pimpinan terkait mulai dari kejaksaan, TNI/Polri, BPN, camat, dan kades, dalam memberikan edukasi ke masyarakat. "Bahwa kepentingan pembangunan Waduk Semantok adalah untuk masyarakat umum, bangsa, dan negara," ujar Yasin.

Sementara Kasidatun Kejari Nganjuk Boma menjelaskan, rakor ini juga bertujuan mempersiapkan perbaikan nominatif daftar pengadaan tanah untuk kepentingan pembangunan Bendungan Semantok. Sebab pada pembangunan Waduk Semantok, ada tanah warga yang terdampak, yakni di Desa Tritik dan Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.

Sesuai Penlok (Penetapan Lokasi) yang baru dan ditindaklanjuti SK Kanwil tanggal 10 Mei 2021, ada 244 bidang tanah milik warga yang belum dibebaskan sehingga bisa menghambat proses pembangunan Bendungan Semantok.

"Kejaksaan dalam hal ini ikut membantu pengawasan dan pengawalan agar tidak terjadi kesalahan dalam prosesnya hingga pembangunan Waduk Semantok bisa selesai tepat waktu," kata Boma.

Adapun pembangunan Bendungan Semantok direncanakan selesai pada Bulan April Tahun 2022 dan akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. (bam/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...