Kamis, 29 Juli 2021 16:34

Dirut Perumda Giri Tirta: Proyek Pipanisasi SPAM BGS Tanggung Jawab Kontraktor Pelaksana

Selasa, 01 Juni 2021 14:01 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Dirut Perumda Giri Tirta: Proyek Pipanisasi SPAM BGS Tanggung Jawab Kontraktor Pelaksana
Siti Aminatus Zariyah, Dirut Perumda Giri Tirta Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Giri Tirta Gresik, Siti Aminatus Zariyah, angkat bicara menyikapi polemik proyek pipanisasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bendung Gerak Sembayat (BGS), di Desa Sembayat Kecamatan Manyar. Proyek tersebut dihentikan warga lantaran mereka menuntut adanya tali asih dan kompensasi jika ada kerusakan bangunan rumah.

Menurut Riza -sapaan akrab Dirut Perumda Giri Tirta- proyek pipanisasi tersebut sepenuhnya tanggung jawab kontraktor pelaksana, yakni PT Gemilang Karunia Tama (GKT). Termasuk, dampak yang ditimbulkan.

"Jadi, mulai sosialisasi dan dampak yang timbul dari kegiatan tanggung jawab domain pelaksana proyek," ungkapnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (1/6/2021).

Sesuai dengan rencana awal, proyek pipanisasi SPAM BGS dikebut demi memenuhi target commisioning test pada awal tahun 2021. "Sehingga cakupan layanan air bersih yang didistribusikan oleh Perumda Giri Tirta Gresik bisa semakin luas dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Gresik," kata Riza.

BACA JUGA : 

Pelanggan Keluhkan Airnya Keruh Sejak Minggu, Ini Penjelasan Dirut Perumda Giri Tirta Gresik

Kembali Terjadi Pergolakan, Pipanisasi Perumda Giri Tirta di Desa Sembayat Dihentikan Sementara

Tiga Dirut BUMD Pemkab Gresik Kompak Majukan Perusahaan, Berikut Inovasinya

Soal Jabatan Dirut Perumda Giri Tirta, Fraksi PDIP: Diganti atau Tidak Itu Hak Prerogatif Bupati

Ia mengatakan, saat ini pihak kontraktor pelaksana telah mengerjakan pemancangan tiang untuk pondasi pompa air baku atau intake di BGS. Sesuai masterplan, intake yang dibangun mampu menampung air dari Bengawan Solo di BGS hingga 1.200 m3.

Ia menegaskan, proyek pembangunan pipa SPAM BGS terus berjalan. "Kontraktor tengah membangun secara paralel untuk SPAM BGS meliputi pembangunan Instalasi Pengolah Air (IPA), pembangunan reservoir di Manyar, dan pembangunan intake, dan kegiatan pipanisasi," jelasnya.

Ia menargetkan setelah proyek tersebut rampung, pada tahun 2021 jumlah air bersih yang didistribusikan dari SPAM BGS mencapai 500 liter per detik. Jumlah itu akan bertambah menjadi 750 liter per detik pada tahun kedua (2022), dan 1.000 liter per detik di tahun ketiga (2023).

"Kami minta dukungan dan bantuan masyarakat agar proyek berjalan lancar dan cepat tuntas, sehingga masyarakat yang ada di Kecamatan Bungah, Manyar, dan Gresik bisa segera bisa menikmati air bersih dari SPAM BGS," pungkasnya.

Seperti diberitakan, proyek pipanisasi milik Perumda Giri Tirta Gresik yang melintasi Desa Sembayat dihentikan oleh warga, Senin (31/5/2021). Mereka menuntut adanya kompensasi berupa tali asih dan jaminan ganti rugi apabila ada dampak kerusakan dampak proyek tersebut. (hud/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...