Kamis, 24 Juni 2021 20:05

Deteksi Kewaspadaan Dini, Bakesbangpol Trenggalek Gelar Rakor

Selasa, 04 Mei 2021 15:17 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Deteksi Kewaspadaan Dini, Bakesbangpol Trenggalek Gelar Rakor
Rapat koordinasi kewaspadaan dini yang digelar Bakesbangpol Trenggalek di Lantai 2 Gedung Bhawarasa Trenggalek, Selasa (4/5/2021). (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Rapat koordinasi kewaspadaan dini dalam rangka menciptakan situasi kondusif di Kabupaten Trenggalek digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Trenggalek di Lantai 2 Gedung Bhawarasa Trenggalek, Selasa (4/5/2021).

Narasumber yang dihadirkan dalam rakor tersebut yakni Asisten I Pemkab Trenggalek Widarsono, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Trenggalek Basuki Arif Wibowo, KBO Sat Intel Polres Trenggalek Kaelani, dan Plt. Kepala Badan Kesbangpol Trenggalek Joko Susanto.

Widarsono dalam paparannya berpesan agar seluruh elemen masyarakat turut berperan memantau lingkungannya masing-masing, meski beberapa orang terduga teroris telah ditangkap oleh Tim Densus 88. Sebab, tidak menutup kemungkinan mereka masih berada di sekitar pemukiman warga.

Ia berharap melalui forum kewaspadaan dini, kewaspadaan terhadap setiap gerakan yang mengarah pada tindakan terorisme bisa meningkat. "Kita tidak perlu takut pada teroris, tapi kita harus terus mewaspadai gerakan mereka," kata Widarsono.

BACA JUGA : 

Marak Bangunan di atas Aliran Sungai, Pemkab Trenggalek Dinilai Lakukan Pembiaran

Tersangka Korupsi Dana Hibah 2019 Ditahan Kejaksaan Negeri Trenggalek

Tanpa Agunan, 228 Petani Porang di Trenggalek Terima Modal Rp 5,7 Miliar dari BNI

Minimalisir Tindakan Hukum Siswa, Kejari Trenggalek Gelar JMS di SMAN 2

Dirinya juga menyinggung tentang pandemi Covid-19 yang sampai saat masih tidak diketahui kapan berakhirnya. Ia menekankan agar kematian ratusan ribu orang di India yang diakibatkan dari penyebaran Covid-19, tidak sampai terjadi di Indonesia.

"Saat ini kematian di negara India mencapai ratusan ribu orang. Saya tidak bisa membayangkan jika itu terjadi di negara kita. Oleh karena itu, hal itu jangan sampai terjadi di negara kita terutama di Kabupaten Trenggalek," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Widarsono juga menyampaikan bahwa Pemkab Trenggalek telah melakukan penjemputan buruh migran asal Trenggalek mulai tanggal 30 April 2021 lalu. Proses pemulangan mereka dilakukan secara bertahap dan ketat.

Ketika tiba di tanah air, mereka transit terlebih dulu di Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk menjalani tes swab. Jika terkonfirmasi positif Covid-19, mereka harus menjalani masa karantina di asrama Covid-19 milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur selama 14 hari.

"Tapi jika hasil swab itu dinyatakan negatif, mereka langsung kita jemput dan kita bawa pulang ke Trenggalek, tapi harus menjalani karantina 3 hari di asrama Covid-19 yang berada di Desa Prigi," terangnya.

Sementara narasumber lain, Arif Wibowo, S.H., menjabarkan materi penguatan ideologi Pancasila.

Sedangkan Basuki menyampaikan progres ganti rugi lahan atas pembangunan Dam Bagong yang rawan terjadi konflik. "Alhamdulillah, ternyata masyarakat bisa menyadari dan menerima ganti rugi," kata Basuki. (man/zar)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...