HM Sampoerna Sumbang Alat Kesehatan untuk Pemkot Surabaya

HM Sampoerna Sumbang Alat Kesehatan untuk Pemkot Surabaya Serah terima bantuan alat kesehatan dari HM Sampoerna. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah (Pemkot) Kota kembali menerima bantuan satu unit alat kesehatan (alkes) berupa Hi Flow Nasal O2 Therapy dari PT. HM Tbk () yang dapat digunakan untuk membantu pasien yang mengalami masalah pernapasan seperti Covid-19.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, bantuan alat kesehatan ini merupakan yang kesekian kalinya diberikan oleh . Karena kemarin sudah memberikan beberapa alat, mesin PCR juga. "Ini yang kesekian kalinya memberikan bantuan kepada Pemkot ," katanya usai menerima bantuan alkes di Halaman Balai Kota , Jumat (16/4/2021).

Fungsi alat ini sama halnya dengan ventilator. Namun, cara penggunaannya lebih sederhana dari ventilator yang harus dimasukkan ke dalam mulut hingga kerongkongan pasien. Sedangkan ini cukup ditempelkan di hidung, sehingga tidak menyakitkan.

Eri menyatakan, meski pasien Covid-19 di menurun, alat tersebut ke depannya tetap dapat digunakan. Sebab tak hanya dapat digunakan untuk terapi pasien Covid-19, tapi juga penyakit lainnya.

Dia berharap, kolaborasi dan sinergi antara Pemkot dan ini ke depannya tetap terjaga. Tentunya kolaborasi yang telah terjalin ini dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat .

Kepala Bidang Urusan Eksternal PT HM Tbk Ishak Danuningrat menyatakan bahwa bantuan ini merupakan salah satu bentuk rangkaian kepedulian PT HM Tbk kepada masyarakat sejak pandemi Covid-19 melanda.

"Jangan lupa bahwa itu lahir di . Jadi bagaimanapun juga apa yang kami lakukan selalu akan kami ingat. Bahwa tanpa , tidak akan pernah ada," katanya.

Menurutnya, bantuan alkes yang diberikan kepada pemkot ini merupakan bentuk implementasi falsafah dari logo tiga tangan PT HM Tbk. Di mana esensi salah satu dari tiga tangan itu adalah memperhatikan atau peduli terhadap masyarakat secara luas. "Ke depannya kami akan coba selalu berbakti atau mendukung baik itu untuk komunitas atau masyarakat secara luas," ujar Ishak.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Febria Rachmanita menambahkan, alat bantu pernapasan dari PT HM Tbk ini merupakan bantuan yang keempat kalinya. Di tahun sebelumnya, sudah memberikan tiga alat yang sama. Usai diserahterimakan, Febria langsung menginstruksikan jajarannya untuk segera memindahkan alat tersebut menuju ICU RSUD dr. Soewandhie .

Dengan adanya tambahan alat baru ini diharapkan dapat semakin mendukung pelayanan di rumah sakit. "Jadi kalau (pasien) pakai Hi Flow Nasal ini tidak perlu lagi pakai ventilator," tutup Febria. (dra/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO