Kabar Gembira, Pemkot Hapuskan Denda PBB di Momen Hari Jadi Kota Surabaya ke-728

Kabar Gembira, Pemkot Hapuskan Denda PBB di Momen Hari Jadi Kota Surabaya ke-728 Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD), Rachmad Basari. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka Hari Jadi Kota (HJKS) ke-728, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kota menghapuskan denda Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Penghapusan denda atau sanksi ini berlaku mulai hari ini, Kamis, 1 April - 30 Juni 2021.

Pembebasan denda tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 9 Tahun 2021 tentang Penghapusan Sanksi Administratif Denda Pajak Bumi dan Bangunan kepada masyarakat Kota tahun 2021 dalam rangka HJKS ke-728.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD), Rachmad Basari mengatakan, sebenarnya pembebasan denda pada saat HJKS merupakan insentif yang diberikan pemerintah kepada warga secara rutin. Namun karena saat ini kondisinya pandemi Covid-19, maka pemkot melakukan relaksasi dengan memperpanjang masa pembebasan denda. Biasanya pembebasan denda diberlakukan selama satu bulan saja, kini diperpanjang menjadi menjadi tiga bulan.

"Karena ini berkaitan dengan Covid, akhirnya tempo atau waktunya diperpanjang. Tujuannya untuk mendongkrak ekonomi. Jadi kami berlakukan selama tiga bulan. Untuk pembebasan denda tunggakannya dimulai dari tahun 1994 ñ 2021," kata Basari.

Ia optimis, jika tahun 2021 tersebut target tercapainya lebih besar dibandingkan tahun 2020 lalu. Sebab, menurutnya, pergerakan pemulihan ekonomi cukup melaju dari pada 2020 saat pertama pandemi. "Jadi, kami optimis lebih tinggi dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Kita akan semakin masif menyosialisasikan kepada warga," urainya.

Bahkan ia menegaskan, informasi serta sosialisasi pembebasan denda itu terus digalakkan. Ia menghitung ada sedikitnya 15 mobil pajak yang setiap hari keliling di kantor kelurahan untuk melayani warga membayar pajak. "Kami juga sudah komunikasi dengan UPT kami, dan kami minta warga untuk saling menginformasikan. Jadi saling membagikan informasi supaya semakin masif," tegasnya.

Tidak hanya itu, Basari menghitung data tunggakan dan pajak pokok yang terekam sejak tahun 1994-2021 itu mencapai Rp 1 triliun. Oleh sebab itu, ia menargetkan tahun 2021 angka yang terealisasi berjumlah Rp 1,3 miliar. "Nah, sampai dengan hari ini sudah masuk Rp 205 miliar atau 14,81 persen," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, ia berharap berharap program pembebasan atau penghapusan denda PBB ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Kota . Sebab, jika periode program ini berakhir pada 30 Juni 2021, maka denda itu tetap harus dibayarkan sesuai dengan peraturan semula.

"Karena pemberian pembebasan denda itu, secara aturan diperbolehkan pada momen tertentu seperti HJKS atau menyambut hari pahlawan. Jadi, monggo warga manfaatkan sebaik mungkin pembebasan denda PBB, jangan lupa informasikan kepada saudara, tetangga maupu kerabat anda," pungkasnya. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO