Bancakan Bubur Merah, ​Warga Plumpang Tuban Gelar Ritual Tolak Bala Corona

Bancakan Bubur Merah, ​Warga Plumpang Tuban Gelar Ritual Tolak Bala Corona Ratusan warga Dusun Plumpang, Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban menggelar ritual bancakan bubur merah guna tolak bala Covid-19. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga Dusun Plumpang, Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban menggelar ritual bancakan bubur merah guna tolak bala Covid-19. Acara tersebut digelar di jalan poros desa.

Ketua RW 8 Desa Plumpang Munawar menyatakan, sebelum ritual dimulai, sejak pagi para ibu-ibu warga setempat mulai memasak makanan dan jajanan khas. Ada nasi kuning yang dimasak bucu atau tumpeng lengkap berbagai bumbu dan ikan. Ada juga bubur merah putih sebagai sajian utama tolak bala.

"Bubur merah putih dipercaya warga mampu mengusir dan menjauhkan mara bahaya," ungkapnya.

Selain tumpeng, lanjutnya, ritual juga menyajikan jajanan khas, seperti pleret dan jajan pasar. Camilan tersebut juga memiliki arti tersendiri. Pleret mengartikan bahwa doa yang dipanjatkan bisa lancar tanpa halangan. Jajanan yang terbuat dari tepung dicampur perasa dan pewarna makanan itu dicetak dengan ibu jari ditekankan pada tatakan kayu sambil diurut.

"Filosofi jajanan lain, seperti ketupat dan lepet juga disajikan dalam bancakan tolak bala. Mengartikan bahwa saling memaafkan dan merukunkan antarwarga menjadi awal pengampunan dosa antarsesama," timpalnya.

Selain itu, terdapat juga buah yang ditali menjadi satu. Berarti mengartikan bahwa kekompakan antarwarga bisa menjauhkan dari mara bahaya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO