Jumat, 23 April 2021 08:30

Kantor PN Sidoarjo ​Didatangi KPK dan Bawas MA, Ada Apa?

Rabu, 24 Februari 2021 17:39 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy Herlambang
Kantor PN Sidoarjo ​Didatangi KPK dan Bawas MA, Ada Apa?
Kantor PN Sidoarjo di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Badan Pengawas Mahkamah Agung (Bawas MA) mendatangi Kantor Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo di Jalan Jaksa Agung Suprapto Sidoarjo, Rabu (24/2/2021).

Ketua PN Sidoarjo Mukhamad Muchlis ketika dikonfirmasi membenarkan kehadiran tersebut. "Iya benar. Satu orang dari Bawas MA dan dua orang KPK," cetusnya.

Muchlis menegaskan, kehadiran KPK dan Bawas MA untuk melakukan pengecekan (on the spot) di PN Sidoarjo terkait transparansi, integritas, dan akuntabilitas serta meningkatkan kualitas pelayanan peradilan bagi masyarakat pencari keadilan.

"On the spot saat ini bagian tindak lanjut kuesioner yang kami jawab pada Oktober 2020 lalu," tegasnya.

BACA JUGA : 

KPK Dikabarkan Usut Penjualan Tanah Uruk Gunung Lengis dan Proyek Gelora Joko Samudro Gresik

KPK Terancam Berada Pada Detik-detik Sakaratul Maut

Kasus TPPU Mantan Bupati Mojokerto Berlanjut, KPK Kembali Periksa Orang Dekat MKP

Kelompok Masyarakat Gerbang Timur Laporkan Dugaan Korupsi BUMD Bangkalan ke KPK dan Kejagung

Muchlis menjelaskan, kuesioner yang telah dijawab tersebut berasal dari Tim Sustain yang merupakan lembaga dari luar negeri yang membantu MA dalam memajukan aparatnya agar mempunyai kemampuan yang cukup untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

"Timnya dari Sustain itu terdiri dari Bawas MA dan KPK. Kuesioner yang diberikan kepada PN Sidoarjo sudah kami jawab, baru saat ini on the spotnya itu," jelasnya.

Ia menerangkan, kuesioner yang diminta untuk dijawab itu saat itu di antaranya terkait pelayanan pencari keadilan. Misalnya, sebut dia, pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) terkait pelayanan surat keterangan, meja inzage (meja memeriksa berkas), dan ruang ramah anak. "Itu dilihat memadai atau tidak," sebutnya.

Kemudian terkait indeks kepuasan masyarakat (IKM), indeks persepsi korupsi (IPK). "Itu yang di antaranya kami jawab," ucapnya.

Sementara tindak lanjut untuk memastikan kuesioner tersebut baru saat ini Tim Sustain yang terdiri dari Bawas MA dan KPK turun melihat langsung kondisi riil di PN Sidoarjo.

Muchlis mengaku, tim yang turun mengecek semua kondisi di PN Sidoarjo di antaranya yang telah dijawab dalam kuesioner. Kemudian juga melihat ruang sidang, pengamanan hakim, rumah dinas bagi hakim dan penyekatan antara pencari keadilan dan pegawai pengadilan.

Selain itu, sambung dia, tim juga melakukan wawancara langsung kepadanya. "Saya (Ketua PN), Pak Wakil, Pak Panitera dan Pak Sekretaris diwawancarai langsung dan juga ada sebagian hakim," jelasnya.

Selain PN Sidoarjo, tim dari KPK dan Bawas MA juga melakukan on the spot di Kantor PA Sidoarjo, Jalan Hasanudin Gondanglegi 90, Sekardangan, Sidoarjo dan Kantor PTUN Surabaya di Jalan Juanda Sidoarjo.

Muchlis mengaku hasil dari on the spot di PN Sidoarjo itu merupakan kewenangan dari yang menilai. "Apapun hasilnya, penilaiannya nanti kewenangan sana, kami tidak tahu," pungkas mantan wakil ketua PN Bekasi itu. (cat/ian)

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura
Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura. Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Jumat, 23 April 2021 06:48 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...