Kamis, 15 April 2021 00:58

Permohonan Penangguhan Ditolak, Pengacara Akan Ajukan Tahanan Kota untuk Camat Duduksampeyan

Selasa, 16 Februari 2021 11:54 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Permohonan Penangguhan Ditolak, Pengacara Akan Ajukan Tahanan Kota untuk Camat Duduksampeyan
Andi Fajar Yulianto, S.H., C.TL., dari Kantor Hukum Fajar Trilaksana (kanan) bersama Camat Duduksampeyan Suropadi (tengah) sebelum ditahan Kejari Gresik. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kuasa Hukum Camat Duduksampeyan Suropadi, Andi Fajar Yulianto, S.H., C.TL., akan mengajukan pengalihan tahanan kota terhadap kliennya yang tengah ditahan Kejari Gresik di Lapas Kelas II Banjarsari Kecamatan Cerme.

"Rencana tahap berikutnya akan kita ajukan pengalihan penahanan," ujar Fajar kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (16/2/2021).

Menurut Fajar, hal itu akan dilakukan setelah permohonan kliennya agar tak ditahan tak dikabulkan oleh Kejari Gresik. "Jadi, setelah pengajuan untuk tidak ditahan/penangguhan penahanan tidak dikabulkan, kami akan ajukan pengalihan penahanan," terang Sekretaris DPC Peradi Gresik tersebut.

Fajar lebih jauh menyatakan, ada sejumlah pertimbangan logis permohonan pengalihan penahanan. Di antaranya, kliennya masih aktif menjadi Camat Duduksampeyan, sehingga masih harus menjalankan tugas-tugas kedinasan.

BACA JUGA : 

KPK Belum Tentukan Tersangka Kasus Korupsi PDAM Gresik, Tunggu Jumat Keramat?

Selain PDAM, Sejumlah Anggota DPRD Gresik Periode 2009-2014 dan 2014-2019 Diduga Masuk Radar KPK

KPK Dalami Dugaan Luberan Uang Kerja Sama ke Parpol, Begini Tanggapan Dirut PDAM Gresik

Usai Dipanggil KPK, Mantan Dirut PDAM Gresik Muhammad, Susah Dihubungi

Fajar lebih jauh menyatakan, ada sejumlah pertimbangan logis permohonan pengalihan penahanan. Di antaranya, kliennya masih aktif menjadi Camat Duduksampeyan, sehingga masih harus menjalankan tugas-tugas kedinasan.

"Kami tentu akan memberikan sejumlah pertimbangan logis dan jaminan untuk pengalihan tahanan klien kami," terangnya.

Fajar mengungkapkan, sebelum kliennya ditahan, dirinya telah mengajukan penangguhan penahanan. "Selaku kuasa hukum kami sudah mempergunakan hak sebagai kuasa berdasar KUHAP, mengajukan surat permohonan untuk tidak ditahan/penangguhan penahanan, akan tetapi tidak dikabulkan. Ya itu sepenuhnya kewenangan kejaksaan. Maka kami sangat menghormati proses hukum untuk itu," beber Fajar.

Ditambahkan Fajar, sebelum ditahan, kliennya Suropadi sangat kooperatif menghadiri panggilan, walaupun pada panggilan pertama sempat menunda kehadiran.

Seperti diberitakan sebelumnya, Camat Duduksampeyan Suropadi ditahan setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi anggaran Kecamatan Duduksampeyan tahun 2017, 2018, dan 2019. Tidak tanggung-tanggung, dari hasil penghitungan audit yang dilakukan inspektorat, kerugian negara mencapai Rp 1 miliar. (hud/zar)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...