​Plengsengan Ambrol, Rumah dan Gudang di Kota Batu Rusak Berat

​Plengsengan Ambrol, Rumah dan Gudang di Kota Batu Rusak Berat Plengsengan yang ambrol dimensinya cukup besar, hingga menimpa tembok rumah milik warga bernama Maliki Yaumaiddin dan gudang milik Rochim. (foto: ist)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Sebuah plengsengan di Jalan Diponegoro RT 04 RW 08 Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (11/2/2021) pagi sekitar pukul 03.45 WIB ambrol pasca-diterjang banjir luapan air.

Akibat peristiwa bencana longsor tersebut, rumah Maliki Yaumaiddin dan gudang milik Rochim mengalami rusak parah.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, plengsengan yang ambrol dimensinya cukup besar, hingga menimpa tembok rumah milik warga bernama Maliki Yaumaiddin dan gudang milik Rochim.

"Plengsengan teknis yang ambrol memiliki dimensi tinggi 3,5 meter, panjang 16 meter, dan lebar 3 meter," terang Rochim.

Terjadinya banjir luapan air ini, kata Rochim, tidak hanya menyebabkan kerusakan pada rumah dan gudang milik warga saja, namun juga menyebabkan pipa PDAM terputus, dan material longsor juga menutup saluran drainase.

Pascakejadian ini, pihak BPBD Kota Batu langsung melakukan upaya kaji cepat, koordinasi dengan pihak terkait serta melakukan pembersihan material longsor.

Sejumlah personel yang terlibat dalam penanganan pascabencana, masing-masing berasal dari BPBD Kota Batu, Perangkat Kelurahan Dadaprejo, Agen Bencana Provinsi Jawa Timur, Garda Relawan, dan warga setempat.

Selanjutnya, pihak BPBD Kota Batu berencana akan melakukan perbaikan tembok yang jebol, serta memberikan bantuan berupa terpal dan karung. (asa/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO