Rabu, 21 Agustus 2019 06:37

Isu Pungli Landa Disdik Jombang

Jumat, 13 Februari 2015 22:22 WIB
Editor: Revol
Wartawan: Dio
Isu Pungli Landa Disdik Jombang
Ilustrasi

JOMBANG (BangsaOnline) – Praktik pungli di Kabupaten Jombang terus saja santer terdengar. Setelah tempo hari lalu kejari memelototi pungli proyek di Kantor Ketahanan Pangan, kali ini pungli dalam pengisian Kepala Sekolah di Dinas Pendidikan setempat. Dikabarkan seorang Plt Kepsek harus menyetorkan uang kepada Kepala Disdik (Dinas Pendidikan) untuk bisa menjadi Kepsek definitif. Bahkan, ada yang menyebut, dana tersebut merupakan upeti yang nantinya akan disetorkan ke sang pemangku kebijakan.

Dari salah seorang sumber terpercaya dilingkup Disdik Kabupaten mengungkapkan, seluruh Plt Kepsek yang kini menjabat wajib menyetorkan upeti agar dirinya dapat dilantik sebagai Kepsek secara definitif. Upeti tersebut digunakan sebagai uang pelicin.

“Ada dana yang harus disetorkan kepada salah seorang di Dinas jika mau dirinya ingin diangkat menjadi kepala sekolah,” ujar sumber yang enggan disebutkan identitasnya.

Ia menambahkan, besaran dana yang harus disetorkan pun bervariasi. Sesuai dengan tingkatan sekolah yang saat ini dijabatnya. Untuk SD menurut sumber ini dikisaran Rp.15 juta, SMP Rp. 25 - 30 juta dan untuk SMA yang paling besar, yakni Rp 60 juta. Semuanya di setorkan kepada salah satu pegawai di Bidang Ketenagakerjaan Disdik Jombang.

Ia menjelaskan, perintah untuk menyetorkan sejumlah uang kepada oknum pegawai di Bidang Ketenagakerjaan Disdik Jombang itu sudah disebarkan sejak akhir bulan Januari lalu. Melalui oknum tersebut, informasi itu disampaikan melalui UPTD (Unit ) yang kemudian diteruskan kepada para guru yang kini menjabat Plt Kepsek, baik ditingkat SD, SMP dan SMA.

“Lewatnya ke UPTD. Jadi mekanismenya uang tersebut akan diberikan kepada oknum Bidang Ketenagakerjaan dengan melalui oknum di UPTD,” jelasnya.

Sementara itu, Muntholip Kepala Disdik Kabupaten Jombang membantah keras adannya informasi terjadi pungli dalam penempatan Kepsek yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Informasi itu tidak benar. Tidak ada pungutan untuk Plt Kepsek yang akan diangkat menjadi Kepsek definitif,” ujarnya saat dihubungi via telephone.

Ia menambahkan, belum adanya pelantikan kepsek definitif ini disebabkan karena belum adanya SK yang diteken Bupati. Hingga saat ini pihaknya masih menunggu tindakan Bupati Jombang untuk melantik kepsek yang saat ini tengah diisi pejabat sementara.

Muntholip menjelaskan, sebenarnya pada pertengan bulan ini posisi kosong kepsek sudah dapat terisi. Namun karena ada suatu hal, maka pelantikan tersebut mengalami penundaan.

“Sebenarnya dua hari lalu dibarengkan dengan mutasi itu, tapi karena waktu yang sangat mempet sehingga tidak dilakukan. Sekali lagi, secepatnya saya akan berkomunikasi dengan beliau (bupati red) untuk meminta petunjuk dari beliau,” pungkasnya.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...