SMKN di Jombang Lakukan Uji Coba Sekolah Tatap Muka

SMKN di Jombang Lakukan Uji Coba Sekolah Tatap Muka Siswa SMKN 3 Jombang saat mengikuti pelajaran praktik. (foto: ist).

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Jombang menggelar uji coba pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19. Penerapan ini baru dilakukan bagi mata pelajaran praktikum.

Akan tetapi, uji coba kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan tatap muka yang dilakukan di sekolah kejuruan ini hanya mengizinkan 15 persen dari total siswanya untuk mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka.

Wakil Kepala SMKN 3 Jombang Bidang Kesiswaan, Sugiharto mengatakan, uji coba pembelajaran tatap muka ini hanya diizinkan untuk mata pelajaran praktikum. Bagi yang tidak praktik, maka tetap mengikuti materi pembelajaran dengan sistem daring. Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI.

"Pembelajaran tatap muka ini bukan secara umum, tapi hanya pembelajaran praktik," ucapnya kepada wartawan, Jumat (4/9/2020).

Siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka ini, lanjut Sugiharto, hanya dibatasi 9 siswa dalam satu rombel (rombongan belajar). Karena pembelajaran tatap muka hanya untuk mata pelajaran praktikum, maka para siswa akan menempati ruang bengkel dan laboratorium sesuai jurusan masing-masing.

Pada sekolah kejuruan tersebut, terdapat 7 bengkel praktik dan laboratorium yang dipergunakan untuk pembelajaran tatap muka. Dalam sehari, sekolah tersebut membagi rombel dalam dua sesi, yakni pagi dan siang.

"Setiap kelas nanti kita isi hanya 9 siswa. Karena juknis dari Dirjen Vokasi Kemendikbud maksimal 15 persen untuk satu sesi pembelajaran. Kita ada dua sesi pembelajaran tatap muka. Setiap sesi kita hanya lakukan tiga jam saja," terang Sugiharto.

Dalam masa uji coba pembelajaran tatap muka di SMKN 3 Jombang ini, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Seluruh siswa yang datang diwajibkan mengenakan masker. Hal itu terlihat sejak siswa baru masuk di gerbang sekolah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO