Sabtu, 31 Oktober 2020 20:39

SMKN di Jombang Lakukan Uji Coba Sekolah Tatap Muka

Jumat, 04 September 2020 15:57 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
SMKN di Jombang Lakukan Uji Coba Sekolah Tatap Muka
Siswa SMKN 3 Jombang saat mengikuti pelajaran praktik. (foto: ist).

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Jombang menggelar uji coba pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19. Penerapan ini baru dilakukan bagi mata pelajaran praktikum.

Akan tetapi, uji coba kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan tatap muka yang dilakukan di sekolah kejuruan ini hanya mengizinkan 15 persen dari total siswanya untuk mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka.

Wakil Kepala SMKN 3 Jombang Bidang Kesiswaan, Sugiharto mengatakan, uji coba pembelajaran tatap muka ini hanya diizinkan untuk mata pelajaran praktikum. Bagi yang tidak praktik, maka tetap mengikuti materi pembelajaran dengan sistem daring. Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI.

"Pembelajaran tatap muka ini bukan secara umum, tapi hanya pembelajaran praktik," ucapnya kepada wartawan, Jumat (4/9/2020).

Siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka ini, lanjut Sugiharto, hanya dibatasi 9 siswa dalam satu rombel (rombongan belajar). Karena pembelajaran tatap muka hanya untuk mata pelajaran praktikum, maka para siswa akan menempati ruang bengkel dan laboratorium sesuai jurusan masing-masing.

Pada sekolah kejuruan tersebut, terdapat 7 bengkel praktik dan laboratorium yang dipergunakan untuk pembelajaran tatap muka. Dalam sehari, sekolah tersebut membagi rombel dalam dua sesi, yakni pagi dan siang.

"Setiap kelas nanti kita isi hanya 9 siswa. Karena juknis dari Dirjen Vokasi Kemendikbud maksimal 15 persen untuk satu sesi pembelajaran. Kita ada dua sesi pembelajaran tatap muka. Setiap sesi kita hanya lakukan tiga jam saja," terang Sugiharto.

Dalam masa uji coba pembelajaran tatap muka di SMKN 3 Jombang ini, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Seluruh siswa yang datang diwajibkan mengenakan masker. Hal itu terlihat sejak siswa baru masuk di gerbang sekolah.

Di gerbang sekolah, petugas dari gugus tugas Covid-19 sekolah langsung mengecek suhu tubuh setiap siswa dengan thermogun. Setelah itu, siswa juga diminta membasuh tangannya dengan hand sanitizer yang disiapkan petugas di pintu gerbang. Pihak sekolah juga mengatur tempat agar siswa bisa menerapkan jarak fisik atau physical distancing di ruang praktik.

"Teknisnya kita bagi dua pintu masuk untuk siswa di sisi selatan dan utara. Pembagian ini untuk menghindari siswa berkerumun saat masuk. Untuk praktik di bengkel, sudah diatur tempat mesin oleh guru praktiknya," beber Sugiharto.

Uji coba pembelajaran tatap muka untuk SMA/SMK di Jombang direncanakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Kabupaten Jombang pada hari ini, Jumat (4/9/2020). Namun, rencana tersebut belum bisa dilakukan seluruhnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Kabupaten Jombang, Trisilo Budi Prasetyo mengungkapkan, dari rencana 18 SMA/SMK yang menggelar uji coba tatap muka, hanya 10 SMA/SMK yang siap untuk perangkat protokol kesehatannya.

"Kemarin dari 18 itu, 10 sekolah yang siap. Yang pasti, sekolah negeri SMA maupun SMK semuanya sudah siap. Sisanya terpaksa harus menunda melakukan uji coba pembelajaran tatap muka karena tidak siap menerapkan protokol kesehatan di sekolah," terangnya.

Namun untuk di tingkat SMA, pembelajaran tatap muka baru bisa dilakukan serentak pada Senin (7/9/2020) mendatang. Untuk hari ini, kata Trisilo, baru SMKN 3 Jombang yang bisa menggelar pembelajaran tatap muka. Itu pun hanya pembelajaran praktikum.

"Untuk SMK yang negeri sudah siap. Yang sudah siap ini tadi SMKN 3 Jombang untuk uji coba," pungkasnya. (aan/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 31 Oktober 2020 19:03 WIB
BATU, BANGSAONLINE.com - Libur cuti bersama menyambung akhir pekan (Long Weekend) Oktober 2020 ini dimanfaatkan masyarakat mengunjungi beberapa tempat wisata. Salah satunya di Kota Wisata Batu.Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun memantau la...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...