Rabu, 21 April 2021 05:16

Banser Keroyokan Bedah Rumah Korban Kebakaran di Simokerto

Selasa, 09 Februari 2021 22:29 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Banser Keroyokan Bedah Rumah Korban Kebakaran di Simokerto
Anggota Banser bergotong royong melaksanakan bedah rumah keluarga Makki, korban kebakaran di kawasan Kecamatan Simokerto, Surabaya. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Empat tahun lalu kawasan Simokerto mengalami kebakaran. Salah satu yang terbakar adalah rumah Makki, anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satkoryon Simokerto. Peristiwa itu menghanguskan rumah Makki hingga hanya tersisa pondasi.

Sejak itu Makki bersama istri dan empat orang anaknya harus hidup berpindah-pindah dari satu kos ke tempat kos lain. Karena ia tak punya biaya untuk membangun kembali rumahnya.

Para Banser se-Surabaya tak tinggal diam melihat rekannya kesulitan. Secara keroyokan, mereka melakukan bedah rumah di kawasan Kecamatan Simokerto, Surabaya. Setiap hari belasan hingga puluhan Banser bahu membahu membangun rumah rekan mereka tersebut.

"Kami kerjakan bedah rumah ini secara keroyokan. Ini bentuk solidaritas kami pada sesama yang kebetulan rekan satu korps di Banser. Awalnya Pak Makki tidak bersedia dibantu, tapi teman-teman memaksa karena melihat tempat kos yang ditempati sudah tidak memadai," terang Maryono, bendahara panitia pelaksana bedah rumah kepada wartawan, Selasa (9/2/2021).

BACA JUGA : 

Berkah Ramadan, Anggota Banser Simokerto Kembali Punya Rumah Layak Huni

20 Mobil Damkar Dikerahkan untuk Padamkan Kebakaran Gudang Plastik di Margomulyo

GP Ansor Krembangan Bagikan Al-Qur'an dan Diba' di Sejumlah Masjid dan Mushola

​Bersama Warga, Banom NU Kedurus Gotong Royong Bersihkan Makam

Terpisah, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Simokerto, Ahmad Romli mengungkapkan kegiatan bedah rumah ini murni swadaya Ansor dan Banser se-Surabaya. Sedangkan PAC Ansor Simokerto sebagai tuan rumah bertindak sebagai penanggungjawab.

Romli melanjutkan, material berupa bahan bangunan seperti, batako, bata merah, keramik, besi, pasir, dan semen merupakan bantuan dari para donatur. Ada pula yang memberikan donasi berupa uang.

"Selain urunan dari para sahabat Ansor-Banser, kami juga didukung oleh sejumlah pihak, di antaranya komunitas Gerakan Mengajak Bersedekah (Gemes). Semoga semakin banyak donatur yang tergerak membantu," ujar alumni Ponpes Lirboyo, Kediri ini.

Romli berharap dalam seminggu ke depan pekerjaan bedah rumah tersebut bisa diselesaikan. Namun ia mengakui ada kendala cuaca yang bisa memperlambat pekerjaaan. Sebab, curah hujan belakangan ini cukup tinggi. Bila hujan turun, pekerjaan pun harus dihentikan sementara.

"Ini sudah hari kedua, saya berharap maksimal pekerjaan ini bisa selesai dalam sepuluh hari. Sehingga pekan depan rumah ini sudah bisa ditempati Pak Makki dan keluarga," pungkas pria yang akrab disapa Ustadz Romli tersebut. (mdr/rev)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...