​Pencanangan Vaksinasi Covid-19, Wali Kota Kediri: Ini Halal, Suci, dan Insya Allah Aman

​Pencanangan Vaksinasi Covid-19, Wali Kota Kediri: Ini Halal, Suci, dan Insya Allah Aman Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar didampingi Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar didampingi Forkopimda Kota Kediri melakukan pencanangan vaksinasi Covid-19 di Balai Kota Kediri sekaligus penyuntikan pertama vaksin Covid-19 kepada Forkopimda Kota Kediri, Rabu (27/1/2021).

Sebelum vaksinasi dilaksanakan, para penerima vaksin harus melewati meja 1 registrasi, meja 2 screening, bila dinyatakan memenuhi syarat, maka vaksinasi dilaksanakan. Setelah vaksin dilaksanakan, penerima vaksin menuju meja 4, observasi.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mendapat giliran pertama yang disuntik vaksin, disusul Dandim 0809/Kediri Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno, Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo, Kajari Kota Kediri Sofyan Selle, dan Ketua PCNU Kota Kediri K.H. Abu Bakar Abdul Jalil.

"Hari ini (Rabu, 27/1/2021), saya mencanangkan vaksinasi Covid-19 di Kota Kediri bersama forkopimda. Vaksinasi ini adalah ikhtiar dari pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Semoga program ini bisa berjalan dengan lancar," kata Wali Kota Kediri.

Menurutnya, di Kota Kediri ada 9 puskesmas dan 3 rumah sakit yang akan melayani vaksinasi Covid-19. Tahap pertama hari ini yang divaksin adalah forkopimda dan tokoh agama, lalu hari Kamis (28/1/2021) adalah tenaga kesehatan di Kota Kediri.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat vaksin bisa berdatangan sehingga Insya Allah seluruh masyarakat Kota Kediri segera dapat divaksin," ujarnya, usai disuntik vaksin di Balai Kota Kediri.

Dalam kesempatan ini, wali kota juga menyampaikan kepada masyarakat Kota Kediri bahwa vaksin Sinovac halal, suci, dan sudah teruji keamanannya. "Saya ingin menjelaskan bahwa ini halal, suci, lalu forkopimda juga pakai," pungkasnya.

Sementara itu, pada tahap pertama ini Kota Kediri mendapat jatah 3.680 dosis vaksin Sinovac yang diperuntukkan forkopimda, tokoh agama, dan tenaga kesehatan. Kemudian tahap kedua tenaga kesehatan, tahap ketiga anggota TNI-Polri, dan tahap keempat masyarakat umum.

"Tujuan vaksinasi Covid-19 adalah untuk mengurangi transmisi atau penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity), dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi," kata dr. Fauzan Adima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Santri Ponpes Asy Syafi'i Nganjuk Antusias Ikuti Vaksinasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO