​Kota Kediri Mendapat Alokasi Vaksin Covid-19 untuk 3.435 Orang

​Kota Kediri Mendapat Alokasi Vaksin Covid-19 untuk 3.435 Orang Masyarakat sedang antre untuk menjalani rapid test. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri mendapatkan alokasi vaksin untuk 3.435 orang. Saat ini pemkot melalui dinas kesehatan telah menyiapkan 9 puskesmas dan 6 rumah sakit sebagai tempat vaksinasi Covid-19.

sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. Kami sudah siap, baik itu sasaran, petugas vaksinator, dan sarpras,” kata Fauzan Adima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Kediri, Jumat (8/01/2021).

Menurut Fauzan, vaksinasi tahap pertama yang rencananya akan akan diselenggarakan mulai 14 Januari hingga April 2021 itu akan menyasar tenaga kesehatan dan pendukung tenaga kesehatan. Adapun jumlah sasaran yang terdata pada tahap pertama yaitu 5.320 orang nakes dan pendukung nakes.

“Info terakhir untuk tahap pertama, Kota Kediri dapat alokasi 3.435 orang,” tambah Fauzan.

Sedangkan untuk pelaksanaan vaksinasi, menyiapkan 9 puskesmas dan 6 rumah sakit, antara lain RSUD Gambiran, RS Bhayangkara, RS Baptis, RS Muhammadiyah, RS Lirboyo, dan RS DKT.

"Dinkes juga sudah membuat prosedur pelaksanaan vaksin dari sasaran yang sudah terdata, yaitu usia 18-59 tahun. Selajutnya, menerima penjelasan tentang vaksin dan juga menandatangani surat persetujuan. Dalam hal waktu, bersedia mengikuti aturan dan jadwal imunisasi," terang Fauzan.

Selain itu, dinkes juga menetapkan orang yang tidak boleh divaksin, yaitu memiliki riwayat penyakit epilepsi/ayan dan gangguan syaraf lainnya, sudah imunisasi jenis lain dalam sebulan terakhir atau akan menerima imunisasi dalam 1 bulan ke depan, dan berencana pindah domisili sebelum jadwal imunisasi selesai.

Sementara menjawab kekhawatiran masyarakat tentang keamanan vaksin, Fauzan menegaskan bahwa vaksin tersebut sudah lolos uji klinis sehingga mempunyai tingkat keamanan, efikasi, dan imonogenisitas tinggi.

"Vaksin yang akan digunakan sudah melalui proses sesuai dengan prosedur. Kalau ingin menanyakan lebih lanjut, bisa ke Call Center GTPP Kota Kediri di (0354 2894000) atau 08113787119," pungkasnya Fauzan. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Santri Ponpes Asy Syafi'i Nganjuk Antusias Ikuti Vaksinasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO