​Pindah Tugas, Ini Pesan AKBP Fanani untuk Penerusnya di Polres Blitar

​Pindah Tugas, Ini Pesan AKBP Fanani untuk Penerusnya di Polres Blitar Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pengamanan Pilkada Serentak 2020 serta Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi tugas besar terakhir AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya sebagai Kapolres Blitar.

AKBP Fanani, akan pindah tugas menjabat sebagai Wakapolres Metro Jakarta Timur. Sementara jabatan Kapolres Blitar akan diteruskan oleh AKBP Leonard Sinambela yang sebelumnya memimpin Polres Blitar Kota.

"Saya terkesan sekali dengan Kabupaten Blitar. Selama bertugas di Kabupaten Blitar, Alhamdulillah tidak ada kejadian menonjol," ujar AKBP Fanani, usai memimpin apel terakhirnya di Halaman Mapolres Blitar, Senin (4/1/2021).

Ditanya soal pekerjaan rumah yang harus diteruskan oleh kapolres yang baru, AKBP Fanani menjelaskan tidak ada tunggakan perkara yang ditinggalkannya di Polres Blitar. Namun, dia berpesan agar penerusnya memahami budaya dan kondisi alam wilayah hukum Polres Blitar.

"Alhamdulillah alam bersahabat, yang biasanya di musim hujan seperti ini ada bencana di mana-mana seperti banjir, tahun ini tidak. Oleh karena itu, saya pesan kalau bertugas di sini harus memahami kondisi alam. Selain itu, juga harus memahami budaya. Karena seperti kita tahu Blitar ini adalah 'Bumi Raja', banyak sekali peninggalan sejarah di sini yang harus dilestarikan," ujarnya.

Disinggung soal kegiatan tambang pasir di wilayah hukumnya, AKBP Fanani menegaskan jika siapa pun yang mengemban tugas sebagai Kapolres Blitar harus bijak dengan persoalan tersebut. Karena tambang pasir menjadi salah satu mata pencaharian utama warga Kabupaten Blitar. Meskipun sebagian besar tak berizin atau ilegal.

"Ya harus bijak, kita harus memahami kultur masyarakat. Itu kan mata pencaharian masyarakat yang utama. Mereka mengelola pasir untuk makan. Sedangkan untuk mengurus izin juga prosesnya lama dan biaya besar bahkan prosesnya bisa lima tahun. Jadi jangan biarkan masyarakat kelaparan. Kita harus beri toleransi," paparnya.

Sebagai informasi, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya bertugas di Kabupaten Blitar selama 9 bulan. Selama menjadi Kapolres Blitar, AKBP Fanani dikenal sebagai sosok yang religius dan tegas. Dia juga dikenal dekat dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kabupaten Blitar. Namanya sempat ramai menjadi topik utama pemberitaan media karena perseteruannya dengan Mantan Kasat Sabhara Polres Blitar AKP Agus Tri Susetyo. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO