Dinsos Kabupaten Kediri Tempel Stiker Penanda Untuk Penerima Bantuan PKH dan BPNT

Dinsos Kabupaten Kediri Tempel Stiker Penanda Untuk Penerima Bantuan PKH dan BPNT Petugas saat menempel stiker di rumah warga penerima manfaat.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mempermudah pendataan penerima bansos, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui dinas sosial melakukan stikerisasi secara serentak kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan () dan Bantuan Sosial Non Tunai () di 12 kecamatan di Kabupaten Kediri, yang dimulai Rabu (23/12).

Penempelan stiker secara simbolis ini dilakukan di Desa Sidomulyo Kecamatan Semen dengan dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Sosial, Camat Semen, Kades Sidomulyo, serta petugas pendamping . Di stiker yang ditempelkan di pintu depan rumah warga ini tertera dua jenis bantuan yang diterima oleh penerima manfaat, yaitu bantuan dan .

Di Desa Sidomulyo terdapat 367 KPM yang menerima bantuan dan secara berkala.

Suharsono, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri, menjelaskan penempelan stiker ini berfungsi sebagai penanda agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

"Metode ini kita pakai agar masyarakat juga bisa memberikan evaluasi dan sebagai penanda bagi petugas penyalur agar bantuan diserahkan tepat sasaran kepada keluarga yang berhak menerima," terang Suharsono.

Sementara itu, untuk evaluasi bahwa penerima adalah masyarakat yang benar-benar membutuhkan, dinas sosial melakukan update DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang dilakukan secara berkala oleh masing-masing IT Desa, kemudian diajukan ke dinas sosial.

"Evaluasi tetap kita laksanakan agar bantuan benar-benar tepat sasaran. Melalui IT Desa yang melakukan pendataan KPM, lalu diserahkan ke dinsos," tambahnya.

Sementara itu, Siti Romlah, salah satu warga Desa Sidomulyo mengatakan selama ini bantuan dan yang diterimanya sangat bermanfaat bagi keluarga. Apalagi dirinya sebagai penjual makanan mengalami penurunan omzet saat pandemi. Adanya bantuan tersebut dapat mencukupi kebutuhan ekonominya.

"Bantuan ini sangat bermanfaat, terutama untuk membiayai sekolah anak, karena pendapatan dari berdagang makanan mengalami penurunan. Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah," kata Siti Romlah. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO