Sabtu, 15 Mei 2021 18:41

Hidupkan Fungsi Perpustakaan Desa, PC Fatayat NU Ngawi Gelar Pelatihan Literasi

Rabu, 09 Desember 2020 20:18 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Zainal Abidin
Hidupkan Fungsi Perpustakaan Desa, PC Fatayat NU Ngawi Gelar Pelatihan Literasi
Pelatihan Literasi PC Fatayat NU Ngawi. (foto: ist)

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Menanggapi banyaknya keluhan para orang tua, khususnya kaum wanita, dalam mendampingi putra putrinya ketika KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) daring, PC Fatayat NU Ngawi menggelar pelatihan literasi kepada anggotanya. Dalam acara tersebut, PC Fatayat NU Ngawi menghadirkan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi.

"Kita melihat keluhan dari para ibu-ibu sangat kesulitan menyampaikan dan mendampingi anak-anak ketika daring. Hal itu ditambah lagi dengan tidak ada fasilitas dari desa," kata Anik Farida, Ketua PC Fatayat NU Ngawi kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (8/12/2020).

Ia menuturkan, acara ini juga bertujuan untuk membekali para kader PC Fatayat NU Ngawi dalam mengelola dan memanfaatkan keberadaan perpustakaan di desa-desa. Dengan memaksimalkan fungsi dan manfaat dari perpustakaan yang berada di desa-desa, diharapkan nantinya dapat menjawab dari keluhan para ibu-ibu khususnya di wilayah Ngawi.

"Kami harapkan di tiap kecamatan ada satu desa yang menyediakan perpustakaan yang dapat dikembangkan dan membawa manfaat bagi warga sekitar," tuturnya.

BACA JUGA : 

Peduli Terhadap Sesama, Kapolres Ngawi Bersama Bhayangkari Bagi-bagi Takjil

Bupati Ngawi Izinkan Warga Salat Idulfitri di Masjid dan Lapangan dengan Sejumlah Persyaratan

Covid-19 di Ngawi Menunjukkan Tren Kenaikan, Anggota TNI Blusukan Sosialisasikan Prokes

Jatim Tertinggi di Indonesia, Minat Guru Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Ia menerangkan, anggota PC Fatayat NU Ngawi merupakan usia produktif antara 20 sampai 45 tahun, sehingga sangat dibutuhkan peranannya dalam mengembangkan perpustakaan di desa-desa, paling tidak di daerah tempat tinggalnya.

Sebab, imbuhnya, dalam anggaran penggunaan dana desa (DD), perpustakaan desa dapat dibiayai dari DD. Namun, selama ini peranan dari pemerintah desa untuk menganggarkan perpustakaan sangat minim sekali. Padahal, dalam peraturan maupun perundangan, bahwa perpustakaan di desa dapat dibiayai oleh dana desa.

"Selama ini dari pemerintah desa untuk menganggarkan perpustakaan sangat minim sekali. Jadinya perpustakaan yang ada tidak dapat berkembang," urainya.

Dengan membekali para kader yang pada umumnya merupakan usia produktif, orang nomor satu di Fatayat Ngawi tersebut berharap ke depan perpustakaan di desa-desa dapat berkembang. Selain itu, dapat meningkatkan minat baca bagi masyarakat. 

"Diharapkan dari perpustakaan desa ini dapat dirasakan kemanfaatannya untuk masyarakat. Karena kita tahu bahwa ada banyak dana desa, cuman serapannya untuk perpustakaan desa sangat minim sekali," pungkasnya. (nal/ros/zar)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...