Senin, 25 Januari 2021 04:26

Sejumlah Pejabat Pemkab Blitar Terpapar Covid-19, Satgas Rekomendasikan Tutup 3 OPD

Rabu, 02 Desember 2020 15:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Sejumlah Pejabat Pemkab Blitar Terpapar Covid-19, Satgas Rekomendasikan Tutup 3 OPD
Kantor Kominfo Kabupaten Blitar menjadi satu dari tiga OPD yang direkomendasikan ditutup.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tiga organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Blitar ditutup. Penutupan ini menyusul adanya sejumlah pejabat dan staf yang terpapar Covid-19.

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, pejabat yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu di antaranya Kepala Kominfo, Kepala DLH, Asisten Pemkab dan Kabag Keuangan Setkab Blitar. Selain itu, juga ada staf yang terpapar, antara lain dua staf dinsos, dua staf dinas koperasi dan UMKM, dan lima staf dinas kominfo.

"Ini sedang kita cari sumber penularannya. Sementara ini yang pertama itu adalah dari kominfo yang bergejala, itu kan sudah menulari teman-teman di sana, padahal kominfo itu kan selalu meng-handle acara-acara Pemkab Blitar yang luar biasa saat itu. Mungkin penularan dari situ juga bisa," ujar Krisna, Rabu (2/12/2020).

Krisna menambahkan, untuk OPD terkait dilakukan penutupan sementara selama tiga hari dan diberlakukan Work From Home (WFH) secara bergilir.

"Untuk mencegah penularan lebih meluas, masing-masing kantor OPD yang terkonfirmasi positif ini kami berlakukan penutupan sejak Senin (30/11/2020) lalu," katanya.

Selain itu, Satgas Covid-19 juga sudah melakukan tracing terhadap seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemkab Blitar. Kurang lebih sekitar seratus ASN sudah dilakukan rapid test dan dilanjutkan swab test jika diketahui reaktif. "Sekitar tujuh puluhan sudah keluar hasilnya. Sebagian besar negatif," tuturnya.

Lanjut Krisna, terkait dengan faktor utama yang menjadi sumber penyebaran masih dilakukan pencarian lebih lanjut oleh satgas. Namun, sementara ia memprediksikan bahwa klaster perkantoran itu bersumber dari libur panjang pada bulan lalu.

"Karena libur panjang itu kan kami tidak bisa mengontrol mobilitas setiap pegawai, sehingga tidak masuk dalam kendali satgas," tandasnya.

Berdasarkan hal tersebut, Krisna berharap pemkab melakukan evaluasi dan memberikan imbauan kepada ASN maupun masyarakat untuk tidak banyak menghabiskan waktu pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...