Rabu, 27 Januari 2021 01:30

Pemkab Blitar Sosialisasikan Penerapan Protokol Kesehatan pada Pilkada 2020

Senin, 30 November 2020 20:41 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Tri Susanto
Pemkab Blitar Sosialisasikan Penerapan Protokol Kesehatan pada Pilkada 2020
Kepala Bakesbangpol Kabupaten Blitar, Dicky Cobandono menyampaikan tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Blitar memberikan sosialisasi pelaksanaan Pilkada 2020 dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Sosialisasi ini diberikan kepada komunitas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), di Pendopo Sasana Adi Praja, Kantor Pemkab Blitar.

Sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan, yang datang dalam agenda tersebut hanya perwakilan saja. Sebelum mengikuti sosialisasi, peserta juga diwajibkan melakukan rapid test yang telah disediakan oleh panitia.

Sosialisasi ini adalah hasil kerja sama antara Pemkab Blitar dengan KPU Kabupaten Blitar, Bawaslu Kabupaten Blitar, dan Forpimda Kabupaten Blitar. Perwakilan dari KPU Provinsi Jatim dan Bawaslu Jatim juga ikut hadir dalam kesempatan tersebut.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Blitar, Dicky Cobandono mengatakan, kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan penyelenggara saja. Tetapi, peran serta masyarakat juga memiliki andil dalam kesuksesan pelaksanaan Pilkada 2020.

Dalam sosialisasi tersebut Dicky mengatakan, Pilbup Blitar 2020 yang digelar di tengah pandemi Covid-19 pada 9 Desember nanti akan menjadikan tantangan tersendiri bagi penyelenggara.

"Saat ini kita sedang mengalami pandemi Covid-19 yang tidak dapat diprediksi kapan berakhir. Di sisi lain, kita akan segera menggelar pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar 2020. Untuk itu, sosialisasi ini dirasa perlu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat soal pelaksanaan Pilkada 2020 dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19," ujar Dicky.

Dicky mengungkapkan, selama ini dalam setiap penyelenggaraan pilbup, tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Blitar selalu di bawah 60 persen. Untuk itu, pada Pilbup 2020, pihaknya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dengan menyalurkan hak pilihnya. Namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

"Masyarakat tidak perlu khawatir untuk datang ke TPS, karena penyelenggara juga selalu menerapkan protokol kesehatan di setiap tahapan. Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk ikut berbondong-bondong ke KPU untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pilbup 2020," paparnya. (tri/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...