Apel Siaga Bencana, Warga Blitar Diminta Waspada Puting Beliung hingga Banjir Jelang Musim Hujan

Apel Siaga Bencana, Warga Blitar Diminta Waspada Puting Beliung hingga Banjir Jelang Musim Hujan Apel siaga bencana di Alun-Alun Kota Blitar, Selasa (17/11/2020). (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Warga Kota Blitar diminta waspada terhadap ancaman bencana hidrometeorologi atau bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca seperti banjir, longsor, hingga puting beliung. Bencana hidrometeorologi ini sangat ditentukan dari kondisi cuaca, utamanya menjelang musim penghujan.

Pjs. Wali Kota Blitar Jumadi menyampaikan hal tersebut dalam apel siaga bencana di Alun-Alun Kota Blitar, Selasa (17/11/2020).

Ia mengatakan,  bersama TNI dan Polri telah menyiapkan langkah tepat, untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi tersebut. Curah hujan yang mulai turun dengan intensitas sedang sampai tinggi harus diantisipasi.

"Kita mengantisipasi adanya bencana yang datang karena cuaca seperti banjir, longsor, dan puting beliung," ujar Jumadi.

Ia menjelaskan, kesiapsiagaan bencana merupakan bentuk kepedulian untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Agar masyarakat merasa aman meski sedang dalam situasi cuaca ekstrem.

"Ini merupakan etalase agar masyarakat tahu sehingga mereka merasa aman, ayem dan tentrem serta tenang menjalani hidup. Semua unsur juga telah melakukan mitigasi mulai dari polres dan kodim. Karena negara harus hadir untuk melindungi masyarakat," ujar Jumadi.

Meski begitu, lanjutnya, kewaspadaan dan kepedulian masyarakat juga menjadi kunci penanggulangan bencana. Untuk itu, ia mendorong masyarakat untuk menghidupkan kembali gotong royong.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO