​Di Sumenep Banyak Tumpukan Sampah di Sungai, Masyarakat Belum Sadar Kebersihan

​Di Sumenep Banyak Tumpukan Sampah di Sungai, Masyarakat Belum Sadar Kebersihan Kepala Dinas PU SDA Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid. foto: ist.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) Kabupaten Sumenep, kini sedang bersih-bersih. Antara lain membersihkan sampah di aliran sungai guna mencegah penyumbatan aliran air, khususnya pada musim penghujan saat ini.

Kepala Dinas PU SDA Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, mengungkapkan bersih-bersih itu dilakukan karena banyak tumpukan sampah di sungai. Menurut dia, itu membuktikan bahwa masyarakat masih memiliki kebiasaan kurang baik dengan membuang sampah ke sungai.

"Ya, ini kami lakukan untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan. Kami melakukan pengerukan di sejumlah sungai, di antaranya Sungai Marengan, Pabian, Sungai Anjuk, dan Saroka," tandas Chainur, Selasa (03/11/20).

Menurut dia, untuk mengatasi pembuangan sampah sembarangan ke sungai, dibutuhkan keterlibatan semua unsur, khususnya kesadaran masyarakat agar peduli terhadap lingkungan.

Ia menjelaskan, salah satu faktor utama banjir, khususnya di perkotaan karena sampah menyumbat selokan dan sungai. Untuk itu, ia mengajak instansi terkait duduk bersama dalam mengatasi persoalan-persoalan tersebut.

"Oleh karenanya, diharapakan untuk semua elemen harus bersinergi untuk bergerak melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan berbagai bencana banjir yang salah satunya disebabkan pembuangan sampah sembarangan seperti ke sungai dan semacamnya," imbuhnya. (aln)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO