Kamis, 03 Desember 2020 15:00

Gus Muhdlor-Subandi Siapkan Berbagai Program Optimalkan Potensi Anak Muda Sidoarjo

Kamis, 29 Oktober 2020 12:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Gus Muhdlor-Subandi Siapkan Berbagai Program Optimalkan Potensi Anak Muda Sidoarjo
CABUP MILENIAL: Gus Muhdlor bersama sejumlah pemuda dalam sebuah acara, awal Oktober 2020. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Berbagai program untuk mengoptimalkan potensi anak muda telah disiapkan paslon Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo 2020, Ahmad Muhdlor Ali-Subandi (Gus Muhdlor-Subandi).

Sejumlah program untuk anak muda tersebut disosialisasikan dalam beberapa acara yang dihadiri Gus Muhdlor saat peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2020.

Program-program tersebut di antaranya pemberian 10.000 beasiswa kuliah untuk anak muda berprestasi dan atau kurang mampu di Sidoarjo. Selain itu, pendirian Sidoarjo Youth Center sebagai wadah berekpresi dan menggali potensi kreatif anak-anak muda Sidoarjo.

“Peringatan hari Sumpah Pemuda menjadi momen bagi kebangkitan anak-anak muda Sidoarjo untuk menghadirkan kebaikan di berbagai bidang. Karenanya kami berkomitmen mendorong potensi anak muda Sidoarjo melalui berbagai program seperti beasiswa kuliah serta Sidaorjo Youth Center,” cetus Gus Muhdlor, Rabu (28/10) kemarin.

Cabup berusia paling muda di Pilkada 2020 ini menjelaskan, untuk 10.000 beasiswa kuliah, akan ada dua skema dalam penyalurannya. Skema pertama, melakukan kerja sama resmi antara Pemerintah Daerah dengan Lembaga Pendidikan Tinggi baik di Sidoarjo maupun di luar Sidoarjo.

Dengan kerja sama ini, Gus Muhdlor menjamin seluruh biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa penerima beasiswa ditanggung pemerintah daerah.

“Dengan skema ini, semua aspek biaya perkuliahan akan ditanggung pemkab, mulai pendaftaran sampai penerimaan hingga perkuliahan berjalan sampai lulus. Selain biaya perkuliahan, penerima beasiswa nantinya juga bisa mendapat uang saku per bulan hingga lulus kuliah,” beber Direktur Pendidikan Yayasan Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo.

Skema kedua yang disiapkan, jalur prestasi. Melalui jalur ini, anak muda Sidoarjo yang berkuliah di berbagai perguruan tinggi baik di wilayah Sidoarjo maupun luar Sidoarjo bisa mendapatkan beasiswa, meskipun kampusnya tidak menjalin kerja sama resmi dengan Pemkab.

Pada skema kedua ini, dana kuliah diberikan secara total dalam satu masa kuliah. Nantinya akan ada tim khusus yang mengalkulasi kebutuhan biaya tiap penerima beasiswa yang bisa berbeda-beda jumlahnya.

“Pada skema kedua ini, mahasiswa yang ber-KTP Sidoarjo bisa mengajukan beasiswa. Jadi kampusnya bebas dipilih, bisa di manapun, meski kampus tersebut tidak bekerja sama langsung dengan pemkab,” papar alumnus FISIP Universitas Airlangga Surabaya ini.

Untuk menjaring mahasiswa yang sesuai kriteria penerima beasiswa, Gus Muhdlor siap melakukan langkah jemput bola melalui dinas terkait dan pemerintah desa yang akan diminta aktif mendata calon mahasiswa di wilayahnya yang berhak mendapatkan beasiswa.

Selain memberikan beasiswa, program lain paslon yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, pendirian Sidoarjo Youth Center, sebuah pusat pengembangan kreativitas untuk anak-anak muda Sidoarjo. Di sini nantinya akan dibangun infrastruktur pendukung agar anak-anak muda kreatif bisa berkarya lebih baik. Seperti laboratorium film, animasi, dan studio fotografi.

Nanti juga akan ada bioskop mini, studio musik, pusat desain, dan fashion, amphitheater untuk pertunjukan seni, dan sebagainya. Juga akan disediakan Co-Working Space sebagai tempat talenta-talenta muda Sidoarjo bertemu dan berkarya bersama. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...